in

Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui

(Foto: Pexels)

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR kini sedang banyak menjadi pilihan. Banyak anak muda yang ingin membeli rumah memilih program KPR karena memang prosedurnya memudahkan dan tak memerlukan modal yang besar. Besaran cicilan pun disesuaikan dengan pendapatan yang Anda miliki. Tapi masih banyak juga orang yang belum yakin untuk memilih program ini. Mengingat, ada beberapa orang yang mungkin belum tahu beberapa keuntungan dari membeli rumah melalui KPR. Untuk itu agar lebih yakin, simak 4 keuntungan KPR yang perlu diketahui di sini.

1. Investasi jangka panjang

Jika Anda membandingkan dengan menyicil mobil atau alat eletronik, seperti laptop, tentu saja setelah sudah dipakai, harga sudah pasti mengalami penurunan. Harga pun akan langsung turun dalam jangka waktu yang cukup singkat.

Berbeda dengan rumah atau properti, harganya yang selalu meningkat tentu saja bisa memberikan keuntungan untuk Anda. Apalagi dalam jangka waktu yang panjang, harga tanah pada daerah rumah pilihan Anda pasti sudah meningkat jauh. Rata-rata dalam kurun waktu sekitar 5 tahun, kenaikan harga tanah sudah bisa mencapai 100%.

Baca Juga  Investasi Sepatu Sneakers, Apa Bisa?

2. Rumah bisa langsung dihuni sebelum dilunasi

Tak perlu menunggu cicilan lunas, rumah impian Anda sudah bisa langsung ditempati. Setelah pengajuan KPR disetujui oleh bank, dan dilakukan akad kredit dan rumah sudah jadi 100%, tentu saja Anda sudah bisa langsung menempati.

Baca juga: 3 Tips Membeli Rumah untuk Generasi Millennial

3. Legalitas rumah bisa dijamin

Perihal legalitas rumah sudah tidak perlu diragukan. Para developer rumah yang bekerja sama dengan bank pasti memiliki legalitas yang sudah bisa dibuktikan keasliannya.

Kelengkapan legalitas meliputi kelengkapan surat-surat dan perizinan dari pemerintah. Kurang lengkapnya surat-surat tersebut sering terjadi ketika pembelian rumah dilakukan melalui developer atau perumahan-perumahan yang kurang jelas.

4. Tak perlu modal besar

Ini menjadi salah satu keunggulan yang akan menguntungkan anak muda. Anda tak memerlukan model yang besar untuk membeli rumah melalui KPR. Kebijakan bank hingga saat ini adalah membayarkan cicilan rumah hingga 85% dari harga rumah. Jadi Anda cukup menyiapkan 15% jumlah dana sebagai modal awal.

Baca Juga  Dinilai Paling Aman, ini Resiko Deposito yang Wajib Diketahui

Selain itu beberapa developer pun ada yang memberikan program cicilan untuk modal. Cicilan bisa mencapai 1-2 tahun. Namun harga rumah tidak akan berubah, tetap sesuai dengan kesepakatan pertama.

Generasi millennial, bank Mandiri punya program KPR yang ditujukan khusus untuk anak muda. Lihat penjelasan lengkapnya, di sini.

Tinggalkan Balasan

Cara Cerdas Menghindari Jebakan Pinjaman Online

Jangan menjadikan harga sebagai patokan anda dalam memilih broker emas. Biasanya, banyak broker menjanjikan komisi yang rendah untuk menarik investor,

Harga Emas Anjlok ini Alasannya.