in

Ibu Rumah Tangga, 4 Jenis Investasi Ini Bisa Dicoba

(Foto: Pexels)

Ibu rumah tangga terkadang merasa bosan ketika berada di rumah saja, dan akhirnya ingin mencari kesibukan. Daripada mencari kesibukan yang kurang jelas, sebaiknya pilih kegiatan yang memang bisa memberikan keuntungan, salah satunya adalah investasi. Ada beberapa investasi yang bisa dipilih oleh para ibu rumah tangga. Jadi, investasi apa saja yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut ada beberapa jenisnya.

1. Investasi emas

Emas dan perhiasan memang sangat dekat dengan perempuan. Tapi investasi emas bisa menjadi salah satu pilihan bagi ibu rumah tangga yang ingin mencoba berinvestasi. Para ibu mungkin bisa memilih investasi berupa logam mulai, atau perhiasan.

Tapi sebaiknya pilih logam mulia yang memiliki likuiditas yang tinggi dan dilengkapi dengan sertifikat yang terjamin keasliannya. Investasi emas tergolong lebih mudah, karena prosesnya yang tidak memerlukan keahlian khusus. Hanya tinggal membeli logam mulai lalu menyimpannya.

Coba ketahui lebih lanjut mengenai tabungan emas di pengadaian, di sini.

2. Investasi properti

Properti menjadi salah satu instrumen investasi yang dipilih banyak orang karena bisa memberikan keuntungan yang berkali-kali lipat, walaupun dalam jangka waktu yang agak lama. Investasi satu ini pun bisa menjadi salah satu investasi ibu rumah tangga.

Baca Juga  Investasi Obligasi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Nilai jual properti setiap tahunnya akan selalu meningkat. Atau jika Anda belum percaya diri, Anda bisa mencoba dengan melakukan investasi properti dari yang kecil terlebih dahulu, seperti membuat kos-kosan di lokasi yang strategis.

Baca juga: Beli Rumah? Ini 4 Keuntungan KPR yang Perlu Diketahui

3. Investasi reksadana

Investasi reksadana menjadi pilihan aman untuk para ibu rumah tangga. Karena prosesnya bisa dilakukan dengan mudah dan investasi pun termasuk aman karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Investasi ini pun tidak mengharuskan Anda untuk selalu mengecek dan mengawasi grafik pergerakan pasar dan jual beli saham. Investasi Anda akan dibantu oleh manajer investasi yang bertugas.

Walaupun harus mengeluarkan biaya lagi untuk membayar jasa manajer investasi, tapi segala urusan akan dikerjakan oleh para manajer investasi tersebut. Jadi Anda pun lebih mudah, dan masih bisa fokus untuk mengurus keperluan rumah.

Tak perlu modal yang besar, investasi ini pun bisa dimulai dari Rp100 ribu saja. Sekarang pun banyak e-commerce Indonesia yang sudah menyediakan program investasi reksadana yang patut untuk dicoba.

Baca Juga  Kasus Investasi Ilegal Didominasi Forex, Apa Penyebabnya?

4. Investasi asuransi jenis unit link

Biasanya memang asuransi dibutuhkan untuk menjadi bagian dalam rancangan masa depan. Tapi ada juga asuransi yang berperan sebagai investasi jika Anda mau. Asuransi ini memiliki program dimana dana yang Anda setorkan akan dikembangkan, atau yang sering disebut dengan unit link.

Saat Anda mengikuti program asuransi unit link ini, Anda akan diwajibkan untuk membayar premi sama seperti jenis asuransi lainnya. Ada dua cara pembayaran, yaitu dicicil secara berkala atau dibayar sekaligus. Untuk ibu rumah tangga yang pendapatannya berasal dari suami, sepertinya cara dicicil akan lebih memudahkan Anda.

Jadi, asuransi mana yang ingin Anda coba?

Tinggalkan Balasan

pelayanan spesial di hari Kartini oleh pertamina

Hari Kartini, Pertamina Berikan Pelayanan Khusus

tips agar Keuangan selalu stabil

Tips Mengelola Uang Bagi Wanita Single