in

4 Investasi Wajib untuk Generasi Milenial

Investasi wajib bagi milenials

Generasi milenial identik dengan kehidupan hedonisme dan foya-foya. Cenderung membuang-buang uang untuk hal yang kurang bermanfaat di masa mendatang. Nah, kini tidak ada salahnya di bulan Ramadhan ini mulai belajar investasi yang menguntungkan untuk kamu, kaum milenial!

Di bulan puasa ini, secara logika pengeluaran  akan lebih sedikit dari biasanya, kan? Karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang makan siang. Untuk itu, akan lebih afdol jika kamu menyisihkan uang makan siangmu untuk berinvestasi yang menjanjikan cuan yang lumayan.

Mari kita coba hitung-hitungan berapa uang yang bisa kamu sisihkan dari uang makan siangmu:

Misalnya, dalam sehari kamu mengeluarkan uang sekitar Rp 15 ribu – Rp 20 ribu untuk makan di warung sederhana. Kemudian dikalikan dengan 20 hari kerja, jadi kamu bisa menghemat sekitar Rp 300 ribu – Rp 600 ribu per bulan.
Contoh di atas merupakan perhitungan paling sederhana, beda lagi jika kamu terbiasa makan siang di resto yang mahal. Tentunya uang yang dapat kamu simpanpun lebih banyak.

Dikutip dari Republika.co.id, berikut 4 investasi wajib yang menguntungkan dari uang makan siangmu:

Baca Juga  5 Investasi Jangka Panjang Untuk Hari Tua

1. Tabungan Berjangka

Dilansir dari Cermati.com, tabungan berjangka adalah jenis produk simpanan dimana nasabah menyetorkan sejumlah dana dalam jangka waktu tertentu yang telah ditentukan di awal, dengan jumlah tetap.

Produk dari tabungan berjangka ini lebih besar dari tabungan biasa. Tabungan berjangka  memberikan suku bunga lebih tinggi daripada tabungan reguler, sehingga sangat memungkinkan jika danamu akan terus bertambah.

Tabungan berjangka tidak memerlukan setoran awal yang besar, karena rata-rata setoran awalnya kecil. Bahkan terdapat bank yang mensyaratkan setoran awal hanya Rp 100.000. Berdasarkan contoh hasil perhitungan tadi, tentu kamu bisa menginvestasikan uang hasil penghematan makan siangmu  untuk berinvestasi ke tabungan  berjangka.

Tabungan berjangka juga mengajarkanmu untuk konsisten menabung setiap bulannya selama jangka waktu yang telah disepakati bersama.

Jumlah  danamu akan kian bertambah  banyak sebanding dengan jumlah setoran awal dan lamanya  menabung.

Baca juga: 3 Jenis Investasi Jangka Pendek yang akan Memutar Dana Anda

2. Reksadana Syariah

Reksadana syariah merupakan instrumen investasi di mana keseluruhan prosesnya memenuhi syarat halal.

Baca Juga  Ketahui 4 Jenis Reksadana ini Sebelum Investasi

Investasi wajib yang ke-3 ini tergolong ringan untuk memulainya, berkisar antara 100 ribu rupiah serta mudah untuk ditemukan di APERD (Agen Penjual Reksadana), kamu sudah bisa berinvestasi melalui Reksadana Syariah. Bahkan sekarang, Reksadana Syariah bisa dibeli secara online.

Produk investasi ini ada banyak macamnya:
a. Reksadana pasar uang  syariah diperuntukkan bagi kamu yang ingin berinvestasi jangka pendek di bawah satu tahun.
b. Reksadana pendapatan syariah diperuntukkan bagi kamu yang ingin berinvestasi dalam kurun waktu 1-3 tahun
c. Reksadana campuran syariah untuk kamu yang memiliki modal yang cukup besar. Karena jangka waktunya lebih lama sehingga modal dapat berputar lebih besar.
d. Reksadana saham syariah diperuntukkan bagi kamu yang ingin menjaga portofolio aset. Produk ini memutarkan modal lebih dari 5 tahun.

Baca juga: Panduan Mudah Investasi Reksadana untuk Pemula

3. Pendanaan di Fintech P2P Lending

Satu lagi instrumen untuk penanaman modal yang murah meriah, yaitu melalui Fintech P2P Lending. Platform fintech ini sudah resmi terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Di sini, kamu bisa menanamkan modal hanya dengan Rp 100 ribu dengan keuntungan hingga dua digit per tahun.

Baca Juga  Apa Itu IPO (Initial Public Offering)?

4. Investasi Emas

Emas merupakan favorit setiap orang sebagai instrumen untuk berinvestasi karena dianggap paling aman. Bahkan saat ini, e-commerce seperti Tokopedia dan Bukalapak, telah menawarkan investasi emas dalam bentuk tabungan secara online.

Seperti instrumen sebelum-sebelumnya, hanya dengan bermodalkan Rp. 100 ribu kamu sudah bisa bertransaksi emas di situs tersebut.

Dikutip dari Republika.co.id, berikut contoh hitung-hitungannya:
Jika harga emas saat ini sekitar Rp600.000 per gram, kalau kamu menabung atau investasi emas Rp300.000, berarti sudah dapat 0,5 gram. Bila dalam setahun saja rutin nabung Rp300.000 = 0,5 gram, kamu sudah memiliki tabungan emas 6 gram. Sewaktu-waktu emas itu bisa kamu jual saat harga sedang naik, sehingga kamu mendapat keuntungan dari selisih antara harga jual dan beli.

Nah, itulah 4 instrumen investasi wajib yang cocok untuk generasi milenial. Manfaatkanlah penghematan uang makan siangmu selama bulan Ramadhan untuk  memulai belajar mengenai pengelolaan uang melalui investasi. Semoga Cuan ya!

Tinggalkan Balasan

ketahui akar statistik trader pemula

Akar Statistik yang Wajib Anda Miliki Sebelum Masuk Dunia TradingFX

mengatur keuangan olahraga

Fitness Mania, Simak Tips Jitu Mengoptimalkan Keuangan Olahraga Anda!