in

Freelancer, Ayo Siapkan Uang Pensiun Dari Sekarang!

Freelancer, Ayo persiapkan dana pensiun dari sekarang

Menjadi seorang freelancer bukanlah hal yang mudah, apalagi urusan keuangan. Meskipun prinsip seorang freelancer yang memiliki jam kerja yang fleksibel dan aturan yang dibuat sendiri. Namun, freelancer identik dengan pendapatannya yang sangat fluktuatif. Jadi, dalam mengatur keuangannnya, freelancer pasti memiliki cara unik tersendiri. Artikel ini akan membahas tentang bagaimana sorang freelancer mempersiapkan uang pensiun.

Pendapatan seorang freelancer tergantung pada proyek yang dikerjakannya. Jika proyek yang sedang digarapnya sedang tinggi-tingginya, pun dengan pendapatan yang diterima juga tinggi. Sebaliknya, jika tidak ada proyek sama sekali, maka freelancer tidak mendapat sepeser pun penghasilan saat itu.

Pendapatan yang fluktuatif atau tidak stabil ini berbanding terbalik dengan kebutuhan yang stabil. Bahkan, untuk ke depannya pasti membutuhkan anggaran untuk kebuhan mendadak. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan menabung.

Pentingkah Menabung?

Penting sekali kebiasaan satu ini bagi seorang freelancer agar mampu memenuhi segala kebutuhan serta membeli perlindungan atas kerugian yang mungkin terjadi di masa depan.
Besarnya tabungan freelancer tergantung dengan besarnya pendapatannya. Seperti yang kita ketahui masing-masing freelancer pasti memiliki jenis pekerjaan freelance yang berbeda.

Baca Juga  Sudahkah Anda Tahu Bagaimana Cara Memilih Asuransi untuk Milenial?

Rutinitas dan kedisiplinan di sini merupakan kunci menabung seorang freelancer. Sebaiknya setiap mendapatkan “gaji”, ditabung 20% daripada menabung per bulannya. Dilansir dari Finansialku, Tabungan ini tentunya sangat berguna untuk tiga hal berikut: kebutuhan sehari-hari, dana darurat dan uang pensiun.

Bagaimana Cara Mempersiapkan Dana Pensiun?

Investasi sangat dianjurkan agar freelancer dapat menuai dana pensiun yang memuaskan. Dengan berinvestasi, freelancer mampu mempersiapkannya lebih matang. Instrumen investasi sangat beragam, tergantung pada risiko serta return yang didapatkan.

Semakin tinggi risikonya, semakin besar pula return-nya. Namun, investasi dengan risiko yang tinggi tidak cocok dengan kondisi keuangan freelancer yang fluktuatif.

Apakah Investasi yang Tepat Untuk Freelancer?

Reksadana merupakan pilihan yang tepat untuk freelancer. Selain minimnya kemungkinan risiko yang dimiliki oleh reksadana, ada beberapa manfaat yang mampu meyakinkan freelancer agar memilih instrumen reksadana untuk berinvestasi, yaitu:

a. Aman; Reksadana dikelola oleh Manajer Investasi. Selain itu, reksadana juga terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
b. Mudah; Manajer Investasilah yang akan membantu freelancer dalam mengelola investasinya. Jadi, tidak diperlukan pengetahuan khusus menegenai cara berinvestasi.
c. Terjangkau; Modal awal yang dipatok di Reksadana sangatlah kecil dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya, yaitu Rp100 ribu.
d. Hasil Investasi Tidak Dipotong Pajak.
e. Dapat Dicairkan Kapan Saja; Freelancer yang memiliki pendapatan fluktuatif tentu membutuhkan akses yang mudah untuk mencairkan asetnya. Kamu hanya perlu mengajukan permintaan pencairan dana sebelum jam 1 siang untuk dana yang akan dicairkan keesokan harinya.

Baca Juga  Faktanya, Investasi Wajib Bagi Wanita Dibandingkan Pria Lho!

Di samping itu, Reksadana juga memiliki 4 jenis investasinya yang disesuaikan dengan penempatan investasinya, besarnya dana yang diinvestasikan, dan juga lamanya investasi. Semua ini dapat disesuaikan dengan kondisi keuangan freelancer. Untuk lebih mengetahui bagaimana berinvestasi melalui Reksadana, dapat membaca artikel berikut:

Tips Memilih Investasi Reksa Dana Agar Menuai Keuntungan Tinggi

Jadi, tunggu apalagi? Lebih baik dimulai dari sekarang agar tidak menyesal di masa tua, kan?

Baca juga: Pentingnya Asuransi Saat Memasuki Usia Produktif

Tinggalkan Balasan

Kiat-kiat sukses Anthony Tan, pendiri Grab

Yuk! Simak Kiat-kiat Sukses Anthony Tan, Pendiri Grab

Kerusuhan 22 Mei berimbas pada rupiah

Kacau! Imbas Kerusuhan 22 Mei Terhadap Nilai Rupiah