in

Ingin Investasi Mata Uang Asing? Perhatikan 5 Hal ini

5 Hal yang harus diperhatikan sebelum Investasi Mata uang asing

Nilai tukar mata uang asing yang selalu mengalami kenaikan dan penurunan menjadi salah satu alasan mengapa investasi mata uang asing memiliki banyak peminat.

Namun sebelum benar-benar memutuskan untuk menginvestasikan harta anda terhadap mata uang asing,  baiknya Anda bekali diri terkait cara mainnya. Jangan sampai anda harus merugi karena kesalahan yang remeh.

Dirangkum dari Liputan6.com, berikut adalah 5 hal yang wajib Anda ketahui sebelum investasi mata uang asing.

1. . Pelajari cara main investasi mata uang asing

Sebelum memulai investasi, wajib hukumnya mempelajari bagaimana cara memperoleh keuntungan. Misalnya dengan investasi mata uang dolar. Anda memutuskan untuk beli dolar dengan harga Rp 13.500. Ketika harga dolar mencapai Rp 14.000, kamu bisa menjualnya untuk dapat untung.

Jadi, kamu bisa memperoleh untung dengan membeli dolar saat nilai rendah dan menjualnya lagi ketika nilainya sedang naik.

2. Tentukan target yang jelas

Tanyakan pada diri Anda, apa sebenarnya tujuan berinvestasi mata uang. Kalau sudah  punya tujuan, maka akan makin mudah untuk memulai investasi. Bisa tahu jenis investasi yang sesuai dan bagaimana cara kerjanya. Bisa dimulai dengan membuat target keuntungan seperti contoh berikut:

Baca Juga  Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 1

Kamu ingin memperoleh untung sebesar 5 persen.

Nilai uang 1 yen: Rp 119

Target Keuntungan: Rp 119×5 persen = Rp 5,96

Dengan demikian, kamu harus menjual uang yen ketika nilai kurs diangka Rp 124,95. Maka, kamu bisa mencapai target keuntungan 5 persen. Kini, kamu sudah siap terjun ke dunia investasi dengan berbekal informasi penting di atas.

3. Mengetahui perbedaan kurs beli dan kurs jual

Untuk menghitung nilai kurs beli dan jual, maka Anda harus melihatnya dari sisi bank.

Sebagai contoh, Anda memiliki uang Rupiah dan ingin menukarnya dengan uang Yen. Maka, yang perlu Anda perhatikan adalah nilai kurs jual. Kurs jual ini menjadi harga yang dipakai bank saat menjual Yen.

Namun sebaliknya jika Anda yang mempunyai Yen dan berencana menukarnya dengan Rupiah. Maka, yang mesti kamu perhatikan adalah kurs beli. Nilai kurs beli ini yang jadi patokan bagi bank saat membeli uang yen yang kamu punya. Poin inti yang perlu diingat yaitu nilai kurs jual nilainya selalu lebih tinggi dari kurs beli.

Baca Juga  Bagaimana Proporsi Investasi Emas yang Ideal?

4. Pahami jenis dan kelebihan mata uang

Berbagai jenis mata uang yang bisa dipilih untuk investasi baca di sini . dolar, dolar Singapura, krone (Norwegia), dolar Australia,  dan yuan (Tiongkok).

5. Pilih tempat penjualan mata uang terpercaya

Ada dua tempat yang bisa untuk transaksi jual-beli mata uang yaitu money changer dan bank. Namun, Anda mesti lebih selektif dan mempertimbangkan untung dan rugi.

Kamu pun harus tahu kredibilitas dari temat penukaran uang yang dipilih. Jika malas untuk cari informasi soal ini, kamu bisa dapat uang palsu atau nilai kurs yang tak kompetitif.

 

 

Tinggalkan Balasan

kesalahan memilih tempat usaha

Awas! Ini Kesalahan Umum Dalam Memilih Tempat Usaha (Part 1)

Nilai Tukar Mata Uang

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang