in

Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Milenial

Marketplace Reksadana

Milenial sering kali bingung dalam memilih jenis-jenis investasi yang tepat untuk mereka. Karena tahap ini yang terpenting sebagaimana menyesuaikan pendapatan dan jenis kebutuhan ke depannya. Dikutip dari tirto.id, berikut instrumen investasi yang cocok untuk milenial.

Baca juga: Forex, Dunia Gelap dan Terangnya Kevin Aprillio

1. Investasi Jangka Pendek

Investasi jangka pendek merupakan jenis investasi yang keuntungannya dapat dinikmati dalam jangka waktu dekat, yaitu antara 1 hingga 24 bulan. Berikut contohnya:

Depoito

Deposito merupakan simpanan berjangka dengan banyaknya bunga lebih besar daripada tabungan biasa. Besaran bunga biasanya bergantung dari besaran tenor atau jangka waktu yang ditetapkan oleh nasabah. Setiap bank pada umunya memiliki pilihan tabungan deposito.

Peer to Peer Lending

Untuk yang satu ini merupakan jenis investasi yang jadi ajang pertemuan antara kreditur dan debitur untuk peminjaman uang modal. Dimana uang modal ini akan dikembalikan dalam waktu tertentu, beserta dengan bunga dari keuntungan usaha tersebut. Tentu saja, investasi membutuhkan perantara. Pastikan memilih situs atau lembaga yang kredibel.

Baca Juga  Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 1)

2. Investasi Jangka Menengah

Emas

Emas merupakan instrumen investasi yang harganya akan terus mengalami peningkatan setelah beberapa tahun. Jadi, ini sangat cocok untuk masuk kategori investasi jangka menengah. . Kelebihan dari investasi emas adalah harganya akan tetap naik di tengah krisis ekonomi ataupun keadaan ekonomi yang tidak pasti.

Reksadana

Reksadana merupakan solusi yang tepat bagi pemula bidang investasi yang kurang paham seluk beluk dunia investasi dan modal tidak begitu besar, layak mencoba instrumen investasi yang satu ini. Pola investasinya adalah seperti ini; pihak bank akan menghimpun dana dari masyarakat untuk diinvestasikan dalam Portofolio Efek oleh manajer investasi. Sehingga nasabah tidak harus mengurusi sendiri segala sesuatunya. Reksadana apa saja yang dapat menjadi instrumen investasi dapat diakses di situs resmi OJK.

3. Investasi Jangka Panjang

Properti

Seperti yang kita tahu bersama, properti merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati bahkan sampai tahun-tahun ke depannya. Nilai properti di Indonesia mengalami kenaikan tiap tahunnya dan ini merupakan instrumen yang menjanjikan untuk berinvestasi. Namun, sebelum memulai ada baiknya cari tahu baik-baik vendor yang tepat untuk menanamkan investasi.

Baca Juga  Investasi dan Spekulasi, Apa Perbedaannya?

Saham

Jenis investasi satu ini bisa dibilang rumit daripada yang lainnya. Namun, jika mau mempelajari dengan tekun dan seksama, saham mampu menjanjikan keuntungan yang memuaskan. Saham mungkin tidak nampak stabil dalam jangka pendek. Tapi, dalam jangka penjang, ini adalah sebuah pencipta kekayaan.” Kata Greg McBride, seorang kepala analis keuangan di Bankrate. Jika ingin memulai menanam saham jangan ragu untuk bertanya kepada sesorang yang ahli dibidang ini.

Baca juga: Kesalahan Fatal dalam Keuangan Milenial Yang Wajib Dihindari

Nah, itu dia 3 jenis dan macam-macam instrumen investasi yang cocok untuk kaum milenial. Intinya, investasi sangatlah penting untuk melawan inflasi dan baik jika dilakukan sedini mungkin. Selamat belajar dan mencoba!

Tinggalkan Balasan

Nilai Tukar Mata Uang

Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang

kesalahan memilih tempat usaha

Awas! Ini Kesalahan Umum Dalam Memilih Tempat Usaha (Part 2)