in

Tips Cerdas Investasi Properti yang Wajib Kamu Ketahui

tips investasi properti

Investasi dalam bidang properti merupakan salah satu investasi yang tidak akan merugi untuk tahun-tahun yang akan datang dikarenakan harga properti yang akan terus naik. Berinvestasi dalam bidang properti bukan hal mudah. Ada banyak faktor yang perlu diperhatikan dan butuh kesabaran ekstra saat harus memilah kandidat properti yang akan dipilih. Kali ini, kita kan membahas tips dalam memilih investasi properti.

Calon pembeli dan investor properti sebaiknya melakukan riset sederhana terlebih dahulu. Dikutip dari Republika, berikut lima tips yang bisa menjadi panduan dalam investasi properti.

Baca juga: Investasi Properti Menjanjikan Kebebasan Finansial

1. Lokasi

Tips pertama yang sangat menentukan besarnya keuntungan yang didapat adalah lokasi. Selain itu, faktor utama yang memengaruhi permintaan dan nilai properti merupakan lokasi. Lokasi properti harus dapat memberikan kemudahan akses, kenyamanan, keamanan. Terlebih, jika dekat dengan sekolah atau kampus, pusat bisnis dan hiburan.

2. Reputasi Pengembang

Tips kedua dalam memilih properti adalah reputasi dari pengembang properti itu sendiri. Pengembang ternama akan menjaga reputasi dan kepercayaan konsumen dengan menyerahkan properti tepat waktu sesuai dengan kualitas yang dijanjikan. Periksa rekam jejak pengembang, termasuk kiprahnya di sejumlah negara.

Baca Juga  5 Kepribadian yang Wajib Dimiliki Pengusaha Untuk Menarik Investor

3. Fasilitas

Tips ketiga tidak lain dan tidak bukan adalah fasilitas yang tersedia. Properti yang baik akan menyediakan berbagai fasilitas guna mendukung privasi, ketenangan, keamanan, gaya hidup, dan kesejahteraan penghuni. Perlu juga mengecek ketersediaan ruang hijau, tempat bermain anak, dan fasilitas olahraga.

Baca juga: 4 Tahap Sebelum Mencapai Kebebasan Finansial, Kamu Sudah Tahap Yang Mana?

4. Waktu terbaik

Tips keempat adalah menentukan waktu saat ingin membeli properti. Sangat penting membeli properti di saat yang tepat karena nilai properti bisa terus meningkat seiring berjalannya waktu. Lakukan analisis dan prediksi permintaan/penawaran pasar untuk menetapkan waktu investasi terbaik.

5. Mengelola risiko

Nah, untuk tips terakhir dalam berinvestasi properti adalah kelihaian kita dalam mengelola risiko itui sendiri. Investasi properti bisa memberi peluang pendapatan berulang (recurring income) serta peningkatan nilai aset (capital gains), tetapi memerlukan modal besar di awal. Cari peluang untuk membeli pada saat siklus turun untuk memaksimalkan keuntungan

Tinggalkan Balasan

syarat kredit mobil

Ingin Kredit Mobil? Baca Syarat-syarat Berikut

10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes

Bermimpi Menjadi Orang Kaya? Hindari 7 Hal ini! (Part 2)