in

Pengangguran Setelah Sarjana? Mungkin Ini Penyebabnya!

sarjana pengangguran

Lulus kuliah dan sudah selesai wisuda, selanjutnya adalah memasuki tahap baru di dalam kehidupan, yakni dunia kerja. Setelah mendapatkan ijazah dan titel sarjana, mendapatkan pekerjaan yang tepat merupakan impian banyak orang. Namun apakah mencari pekerjaan setelah lulus akan menjadi hal yang mudah untuk didapatkan? Kenyatannya, tidak semudah itu. Fakta lapangan, diluar sana masih banyak pengangguran yang bertitel sarjana. Lalu sebenarnya apakah penyebab hal ini dapat terjadi? Simak ulasan PikiranTrader berikut ini;

1. Tidak Aktif Cari Informasi Pekerjaan

Diera yang serba internet seperti sekarang ini, tentunya telah banyak sumber informasi tentang lowongan pekerjaan yang bisa diakses dengan cepat. Tapi jika tidak aktif dan maksimal memanfaatkan berbagai sumber informasi ini dengan baik, bukan hal yang mustahil jika masih menganggur setelah lulus kuliah. Berbagai informasi dunia kerja ini seharusnya sudah dicari dan temukan sejak awal, bahkan meski belum menyelesaikan kuliah. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan dan juga gambaran yang jelas, sehingga setelah lulus nanti tak lagi bingung cari pekerjaan.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Introvert Adalah Pekerja yang Baik

2. Fokus Cari Kerja, Tak Berinisiatif Berwirausaha

Jika melihat sempitnya lowongan pekerjaan, maka sangat wajar bila seseorang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan begitu lulus kuliah. Saat tidak bisa mendapatkan pekerjaan di perusahaan orang lain, maka menjadi seorang wirausaha akan menjadi pilihan terbaik. Namun jika tidak mau mengambil langkah ini, maka tak heran akan banyak sarjana pengangguran. Daripada menghabiskan waktu untuk menganggur, lebih baik berwirausaha sembari melihat peluang lain yang lebih baik bukan?

Baca juga: Tak Perlu Kuliah! 4 Kutipan Bob Sadino, Untuk Para Pebisnis Muda

3. Tak Punya Pengalaman Kerja

Kebanyakan perusahaan memang menginginkan karyawan baru yang sudah berpengalaman, terutama jika mereka membutuhkannya untuk menggantikan karyawan yang keluar dari perusahaan. Bagi yang baru lulus dan belum memiliki pengalaman kerja sama sekali, hal ini tentu akan menjadi sebuah hambatan dalam mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu sebsa mungkin untuk mencari pengalaman kerja dari semasa kuliah, seperti kerja paruh waktu ataupun freelance.

4. Kurang Memiliki Jaringan

Belajar memang harus rajin dan giat, tapi bukan berarti harus menghabiskan waktu hanya untuk berkutat dengan buku. Dan akhirnya lupa untuk berorganisasi di kampus dan membangun jaringan di luar kuliah. Fokus pada mata kuliah memang perlu, namun juga penting membangun jaringan yang luas sejak awal. Jika tidak memiliki jaringan, maka perkara mendapatkan pekerjaan juga bisa saja menjadi hal sangat sulit untuk dilakukan setelah lulus kuliah.

Baca Juga  Tidak PHK Karyawan, Lamudi Buka Lowker di Tengah Covid-19

Baca juga: Pekerjaan Di Rumah Dengan Gaji Fantastis

Tinggalkan Balasan

saham penyokong film gundala

Mau Beli Saham Penyokong Gundala?

tarif pajak penghasilan

Pajak Penghasilan Dilonggarkan Jadi 20 Persen di 2021