in

Pengangguran Setelah Sarjana? Mungkin Ini Sebabnya! (Part 2)

fresh graduate pengangguran

Mencari pekerjaan memang tidak semudah yang dibayangkan. Ada banyak fresh graduate yang berjuang untuk memperebutkan lowongan pekerjaan di berbagai perusahaan. Nah, dari ribuan pelamar, yang diterima bekerja tentu ada, namun yang ditolak juga jauh lebih banyak. Ada banyak penyebab mengapa setelah lulus kuliah tak kunjung mendapatkan pekerjaan, beberapa di antaranya bahkan bisa saja tidak disadari selama ini. Jika sebelumnya PikiranTrader telah membahas beberapa sebab yang mengakibatkan banyaknya sarjana pengangguran, kali ini akan kembali diulas pada part-2. Penasaran apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini. 

1. Tidak Punya Susunan Rencana untuk Bekerja

Dunia kampus dan dunia kerja tentunya jelas sangat berbeda. Tapi sebagian banyak orang bahkan tidak memikirkan hal. Kebanyakan mahasiswa memang hanya fokus pada program untuk lulus kuliah saja, entah dengan nilai yang sangat baik ataupun sekadar pas-pasan. Sementara setelah lulus kuliah bisa saja tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni untuk terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya. Akibatnya semakin banyaknya para fresh graduate yang pengangguran. Oleh karena itu akan lebih baik sedari awal sebelum lulus kuliah memiliki rencana yang matang, untuk terjun didunia kerja.

Baca Juga  Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekerja di Luar Negeri

2. Minimnya Informasi Dunia Kerja

Minimnya informasi mengenai dunia kerja ini tentu bisa menjadi salah satu penyebab menjadi pengangguran bertitel sarjana. Terutama jika selama kuliah tidak pernah mendapatkan informasi tentang dunia kerja yang sebenarnya dari pihak kampus ataupun yang lainnya. Mendapatkan pekerjaan memang bukan hal yang mudah, mengingat akan memiliki saingan yang sangat banyak di luar sana. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena pastikan untuk mengatasi semua hal tersebut dengan baik, misalnya saja aktif mencari informasi lowongan kerja. Persiapkan sejak masih duduk dibangku kuliah tentunya agar setelah lulus nanti tidak jadi fresh graduate pengangguran.

Baca juga: Fresh Graduate UI Tolak Gaji 8 Juta. Berapa Gaji Normal Fresh Graduate Indonesia?

3. Lowongan yang Terbatas, Sementara Pencari Kerja Banyak

Ribuan sarjana lulus setiap tahunnya, mengingat Indonesia sudah memiliki puluhan universitas yang siap untuk mencetak para sarjana. Namun hal yang sama tidak diimbangi oleh dunia kerja yang semakin lama makin sempit saja. Para fresh graduate akan bersaing ketat dengan ribuan lulusan lainnya untuk memperebutkan lowongan pekerjaan yang sangat terbatas ini. Untuk itu bekali diri dengan skill yang mumpuni untuk bersaing dengan fresh graduate lainnya.

Baca Juga  6 Orang Introvert Yang Punya Kekayaan Triliunan

4. Menyerah & Memilih Pulang Kampung

Bagi mahasiswa perantauan, tidak masalah jika setelah lulus memilih pulang dan menetap di kampung halaman, jika di selama bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat. Atau setidaknya, bisa membangun usaha yang dapat memberikan sejumlah penghasilan.  Namun jika ternyata setelah lulus pilih pulang kampung dan tidak melakukan apa-apa di sana, maka bagaimana bisa mendapatkan pekerjaan?

Baca juga: Apakah Mahasiswa Bisa Melakukan Trading Saham?

Nah, itulah beberapa hal yang kemungkinan besar mennjadi sebab banyaknya sarjana pengangguran. Semoga ulasan PikiranTrader ini dapat menjadi acuan bagi anda, khususnya para mahasiswa, tentunya agar dapat mempersiapkan diri sebelum lulus dan masuk dunia kerja.

Tinggalkan Balasan

15 BUMN

Dari 8 BUMN, PLN Dapat Suntikan Dana Terbesar di 2020

Langkah Upgrade ke Pede Plus di Aplikasi Pede (Ponsel Duit)

Langkah Upgrade ke Pede Plus di Aplikasi Pede (Ponsel Duit)