in

Awas! Ini Ciri-ciri Penipu Loker Online

penipu loker online

Maraknya lowongan pekerjaan (loker) secara online tentunya semakin memudahkan para pencari kerja, untuk mengakses perusahaan mana saja yang membutuhkan karyawan atau tenaga kerja. Namun, disisi lain tak sedikit sekelompok orang atau oknum yang melakukan penipuan dengan mengatasnamakan lowongan kerja yang ditawarkan melalui online. Namun untuk Anda yang sedang mencari kerja melalui online harus berhati-hati dan perlu mengetahui lowongan kerja yang benar dan mana lowongan kerja yang haya abal-abal. Lalu apa saja ciri-ciri penipu loker online ini? Simak ulasan PikiranTrader berikut ini;

1. Perusahaan yang Tidak Jelas

Seringkali orang-orang terjebak dengan perusahaan palsu karena tawaran iklan yang menggiurkan dan menjanjikan. Dengan disertai deskripsi perusahaan yang dilebih-lebihkan membuat banyak orang tertarik untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Untuk itu, sebelum melamar pekerjaan Anda harus teliti untuk memilah, khususnya saat Anda memilih loker online.

Baca juga: 3 Hal yang tidak Perlu Anda Lakukan Setelah Wawancara Kerja

Sebaiknya, sebelum melamar pekerjaan Anda perlu mengetahui kejelasan perusahaan yang akan dituju mulai dari perusahaan bergerak dibidang apa, terpercaya atau tidaknya dan lain sebagainya. Semua informasi ini bisa didapat dengan mencari sumber melalui internet atau bertanya kepada orang-orang secara langsung. Pengalaman seseorang juga sangat berpengaruh mengenai penilaian sebuah perusahaan mengenai lancar tidaknya sistem gaji, cara kerja, situasi tempat kerja dan lain sebagainya.

Baca Juga  Revolusi Industri 4.0 Menggeser Pekerjaan Manusia

2. Berbayar

Modus yang digunakan para penipu loker online yang satu ini dapat diketahui dengan jelas sejak awal Anda merespon tawaran lowongan pekerjaan abal-abal. Untuk perusahaan yang berbayar diawal memang mencurigakan. Bagaimana tidak? Kamu bekerja untuk mendapatkan uang. Tetapi dalam hal ini belum terjun kerja saja sudah harus mengeluarkan uang untuk membayar pendaftaran atau biasa dibilang untuk administrasi. Mungkin memang ada perusahaan yang menetapkan pembayaran diawal sebagai biaya pendaftaran. Akan tetapi, pencari kerja juga harus mengetahui betul apakah perusahaan itu memang ada atau hanya perusahaan palsu yang dibuat-buat pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika dirasa yang dinginkan pihak perusahaan berbayar dengan ketentuan pembayaran yang tinggi namun perusahaan mencurigakan, jelas sudah ada yang tidak wajar dalam pekerjaan tersebut. Jadi, waspada apabila Anda mendapati loker online “minta uang” dengan berkedok administrasi. 

3. Alamat Perusahaan Tidak Sesuai

Disetiap iklan online mengenai lowongan pekerjaan biasanya menyertakan alamat perusahaan dan alamat email. Dalam hal ini para pencari kerja juga harus sangat berhati-hati. Cek alamat perusahaan dengan teliti. Anda juga bisa memanfaatkan google maps untuk melihat keberadaan lokasi perusahaan. Jika perusahaan tersebut dirasa dekat dengan tempat tinggal. Lebih baik telusuri saja terlebih dahulu. Ditakutkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan nantinya.

Baca Juga  7 Prinsip Samurai yang Bisa Diteladani Seorang Karyawan

Baca juga: Pekerjaan Di Rumah Dengan Gaji Fantastis

Tinggalkan Balasan

5 Syarat Seseorang Menjadi Pemimpin Bisnis yang Hebat

Penyokong Finansial Tim Formula 1 Shell - Scuderia Ferrari

Penyokong Finansial Tim Formula 1: Shell – Scuderia Ferrari