in

Bermain Cantik dalam Politik Kantor Perlu Strategi, Inilah 5 Cara Ampuhnya!

Kantor adalah sebuah tempat di mana banyak kepentingan bertemu. Berbagai macam kepribadian yang memiliki aneka agenda dan tujuan, menghadirkan sederet tantangan dalam hidup Anda. Salah satu manifestasi dari dinamika ini, terciptalah politik kantor (office politics).

Meskipun kata “politik” sering dikaitkan dengan cara-cara kotor untuk meraih tujuan, sesungguhnya politik kantor adalah sarana menempa mental Anda. Syaratnya, Anda patut membekali diri dengan strategi bermain “cantik” seperti lima langkah berikut, supaya politik menghadirkan manfaat, bukan masalah.

1. Ikuti aturan dan budaya yang berlaku

Ketika Anda ada Roma, berlakulah seperti penduduk Roma. Menurut career coach Bonnie Marcus, langkah awal menjadi politically savvy adalah mengamati “medan perang” Anda. Kenali aturan dan budaya yang berlaku di kantor, kemudian ikutilah sebagai upaya Anda membaur. Tentu saja, Anda tetap perlu selektif, untuk tidak mengikuti budaya yang berlawanan dengan aturan, apalagi melanggar hukum.

2. Fokus pada tujuan karier

Sukses dalam politik kantor akan bergantung pada kemampuan Anda menjaga fokus pada hal yang Anda ingin capai dalam karier. Tanpa misi jelas, Anda nantinya hanya menyia-nyiakan energi dan waktu dalam mengikuti “permainan” yang ada. Selain itu, target yang jadi sasaran utama Anda juga memudahkan Anda dalam memusatkan poin-poin branding Anda, baik secara personal maupun profesional.

Baca Juga  Hal Penting yang Perlu Diperhatikan Sebelum Bekerja di Luar Negeri

3. Dekati orang-orang yang tepat

Keep your friends close and your enemy closer. Kenali siapa saja tokoh kunci dan berpengaruh di kantor Anda. Kemudian, tandai juga mereka yang mampu menjadi “batu sandungan”, dalam artian mampu menciptakan konflik yang menyulitkan Anda maupun perusahaan. Pemetaan ini akan membantu Anda pula mengklasifikasi siapa saja yang bisa dipercaya dan diandalkan, untuk nantinya Anda dekati sebagai “sekutu” dan rekan seperjuangan.

4. Tonjolkan prestasi, bukan sensasi

Citra positif berdasarkan pencapaian sukses Anda akan memantapkan posisi di kantor. Para atasan tahu siapa yang patut dipercaya untuk menjalankan tugas-tugas penting. Kolega dan rekan sejawat mengerti siapa yang akan membantu tim untuk mencapai hasil memuaskan.

Hindari membuat sensasi tak perlu, bahkan dari kebiasaan remeh seperti bergosip di jam kerja dan kerap terlambat baik kehadiran maupun pengumpulan tugas atau proyek. Tandai prestasi-prestasi yang berhasil Anda capai secara lengkap sehingga perusahaan tahu bahwa Anda adalah aset berharga bagi kantor.

5. Tetap bersikap netral dan obyektif

Seperti politik pada umumnya, Anda dapat terjebak pada situasi di mana harus memihak pada seseorang atau kelompok tertentu di kantor. Padahal, bersikap netral akan mengamankan Anda dari belitan masalah. Apabila Anda berada dalam situasi ini, arahkan kubu-kubu yang bertikai kepada jalur komunikasi resmi di perusahaan, misalnya pihak divisi SDM. Menjaga obyektivitas akan membangun kepercayaan orang-orang terhadap Anda, sebagai sosok yang adil dan berintegritas.

Baca Juga  Tindakan Mengatasi Trading Yang Merugi

Politik kantor pada dasarnya tak dapat dan tak perlu Anda hindari. Penguasaan terhadap politik kantor akan jadi sebuah kelebihan Anda untuk bersinar. Jadikan konflik sebagai bahan belajar dan perbaikan, sementara pencapaian merupakan motivasi untuk terus bertumbuh.

Tinggalkan Balasan

fitur kartu kredit

Fitur Kartu Kredit yang Bikin Hemat Pengeluaran Anda!

Pengertian Ekonomi Syariah dan Contohnya

Ekonomi Syariah, Pengertian dan Contohnya