in

Beberapa Alasan Mengapa Introvert Adalah Pekerja yang Baik

pekerja introvert

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa seseorang yang introvert adalah seorang yang pemalu, canggung, atau kutu buku, tetapi orang tipe introvert bisa berada dalam profesi kerja apapun, dan ikut berkontribusi juga dalam perkembangan sejarah kemanusiaan di dunia. Seorang introvert juga memiliki nilai lebih dalam mengerjakan berbagai jenis pekerjaan. Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa seorang introvert, merupakan pekerja yang baik dan sangat menguntungkan keberadaannya dalam sebuah tim.

1. Orang Introvert Selalu Dapat Diandalkan

Ada beberapa pemahaman yang salah mengenai introvert, bahwa orang-orang introvert adalah orang yang menjauhi orang lain. Hal tersebut tidak perlu terlalu dipermasalahkan karena mereka secara perlahan akan membuat lingkaran mereka sendiri yang berisi orang-orang yang mereka percaya, dan kepada orang-orang tersebut seorang introvert bisa menjadi sangat setia. Jadi, apabila Anda memiliki seorang introvert dalam tim Anda dan dia senang berada di dalamnya, maka mereka akan bekerja keras untuk berkontribusi dalam mebuat perusahaan tersebut mencapai kesuksesan.

2. Orang Introvert Lebih Mandiri

Ketika Anda mempekerjakan seorang introvert, maka Anda tidak perlu mengikatnya. Mereka lebih memilih untuk mempelajari tugas-tugas mereka sendiri dan mengerjakan dengan cara mereka sendiri pula. Tidak jarang pula mereka membuat struktur dan rutinitas pribadi. Mereka juga cenderung mencari suasana yang hening untuk berkonsentrasi mengerjakan tugas-tugasnya.

Baca Juga  4 Tips untuk Memaksimalkan Produktivitas Saat Bekerja

3. Orang Introvert Hanya Memilih Informasi yang Benar-Benar Memiliki Nilai

Banyak orang yang tidak betah dengan kesunyian, dan memilih untuk mengisi kekosongan tersebut dengan apapun yang bisa mereka dapatkan untuk dipikirkan. Orang introvert melihat hal tersebut sebagai sebuah hal yang buang-buang waktu, terutama waktu mereka sendiri. Ketika mereka berbicara, orang-orang harus mendengarkan, karena mereka hanya akan menyampaikan informasi yang sangat penting dan berguna.

Baca juga: Beberapa Pekerjaan yang Cocok untuk Anda Para Introvert

4. Orang Introvert Adalah Orang yang Tulus

Mereka seringkali memiliki pemahaman dalam bersosialisasi dengan orang lain, bahwa basa-basi adalah hal yang tidak perlu, atau dengan kata lain mereka adalah orang yang to the point. Hal tersebut bisa dianggap tidak benar atau mungkin tidak sopan bagi beberapa orang. Akan tetapi mereka bersikap demikian dikarenakan mereka mengharapkan dan juga menghargai kejujuran orang lain. Jadi, bertanyalah pada seorang introvert ketika Anda menginginkan jawaban yang jujur, sepahit apapun itu mereka akan memberitahu.

Baca Juga  Bisnis Keluarga Bisa Bertahan Lama, 5 Kiat Ini Kuncinya!

5. Orang Introvert Cenderung Menghindari Politik Kantor

Karena mereka menjunjung tinggi kejujuran dan ketulusan, orang-orang introvert akan menjauhi hal-hal yang berbau politik dalam lingkungan kantor atau berkaitan dengan mengakali sistem. Mereka lebih memilih untuk mengandalkan hasil kerja yang solid untuk melangkah maju. Hal tersebut akan menjadi poin lebih bagi pemilik perusahaan yang menginginkan transparansi dan efisiensi dalam lingkup kerja, sehingga peran pekerja introvert sangat penting dalam hal ini.

6. Orang Introvert Adalah Individu yang Unik

Apakah Audrey Hepburn atau Albert Einstein adalah seorang yang “kuper” (kurang perhatian)? Istilah itu akan merubah pandangan orang apabila dikaitkan dengan nama-nama seperti dua sosok yang telah sukses membuat sejarah besar itu, dan faktanya adalah mereka termasuk tipe orang introvert. Mereka tidak mengikuti tren yang ada, tetapi mereka mengejar impian mereka dengan sangat tekun. Itu adalah resep ampuh dalam meraih kesuksesan.

Baca juga: 6 Orang Introvert Yang Punya Kekayaan Triliunan

Itulah beberapa kelebihan dari orang introvert dibandingkan dengan para ekstrovert. yang mungkin juga jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga ulasan PikiranTrader kali ini dapat membuka wawasan Anda, tentang potensi dari seorang introvert yang selama ini umumnya hanya dipandang sebelah mata.

Baca Juga  Mengukur Kesuksesan Bisnis Anda, Beranikah?

Tinggalkan Balasan

IHSG Darurat! Anjlok 1 Persen di Awal Pekan

Tugas Bank Kustodian terkait investasi reksadana:

Bank Kustodian, Pengertian dan Tugasnya