in

Efektivitas Google My Business, untuk Kembangkan Usaha

Jika anda memiliki suatu usaha, tentu harus bisa beradaptasi dengan evolusi bisnis yang sekarang serba digital.

Meningkatnya fungsi internet yang sekarang seolah menjadi komoditas pokok bagi semua kalangan, menjadikannya media yang efektif untuk menarik pembeli baru.

Selain membuka lapak online, kamu bisa memanfaatkan Google Maps untuk mendaftarkan usaha kamu supaya bisa terekspos ke lebih banyak customer, salah satu cara paling efektif adalah menggunakan Google My Business.

Apa saja fungsi Google My Business?

1. Mencakup calon pelanggan lebih luas

Dari statistik yang dikeluarkan Search Engine Land(2013), Google memiliki lebih dari 1,2 miliar pengguna “unik” setiap bulannya, yang menjadi peluang besar untuk memasarkan produk dan bisnis tingkat kecil dan menengah. Dengan Google My Business, usaha atau bisnis kecil kamu bisa muncul di hasil pencarian para calon pelanggan yang sedang menggunakan Google Search atau Google Maps.

2. Membuat website UKM secara cuma-cuma

Kamu bisa membuat website sederhana untuk UKM yang sedang kamu jalankan, untuk bisa hadir di banyak lini layanan Google dengan cakupan penggunanya yang terus meningkat dari hari ke hari.

Baca Juga  Menerapkan Prinsip Pareto Untuk Mempercepat Pertumbuhan Bisnis

Dengan proses yang linear dan relatif mudah, bahkan untuk pengguna yang awam dari proses pembuatan website sekalipun bisa mewujudkan website usaha impiannya di Google My Business.

Fitur website dari Google My Business selain bisa menampilkan informasi teks juga bisa menambahkan foto dan mengubah tema tampilan.

3. UKM kamu muncul di Google Maps

Selain memberi fungsi navigasi berbasis GPS, Google Maps juga bisa membantu bisnis kamu agar terpampang di hasil pencarian.  Berikut dengan info berupa hari dan jam operasional, menampilkan foto produk dan lokasi usaha, hingga fitur ulasan dari pelanggan yang datang berikut dengan agregat penilaian berupa bintang.

4. Memyebarkan newsletter secara rutin

Setelah UKM kamu terpampang di Google Maps, kamu bisa menggunakan fitur newsletter untuk membagikan informasi terkini seputar promo, produk baru, atau tawaran lain yang bisa menarik pelanggan.

5. Menyediakan analisa pelanggan yang mendetail

Diuntungkan dengan integrasi ke beragam layanan Google, seperti Google Maps, Google Plus, Google Hangouts, dan lain-lain, kamu juga bisa mendapat analisa pelanggan yang mendetail di Google My Business. Untuk melihatnya kamu bisa mengunjungi bagian Insights, tentunya setelah kamu tergabung di aplikasi ini.

Baca Juga  Akibat Mati Listrik Massal, Industri Ini Alami Kerugian Ratusan Miliar

6. Tersedia juga fitur booking untuk bisnis Jasa

Google My Business menyediakan fitur booking yang bisa diakses dalam sekali klik, baik dari hasil pencarian maupun Google Maps.

Ini sangat bermanfaat bagi kamu yang punya usaha di bidang restoran atau cafe kecil, atau jasa lain.

Semua fitur Google My Business tadi bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan selain dari lapak online. Sebelum memulainya pastikan kamu sudah punya akun Google.

Selamat mencoba..

Baca juga: 3 Hal yang Wajib diketahui sebelum Memulai Bisnis Online

Tinggalkan Balasan

Investasi Obligasi, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Webinar Forex