in

Yuk! Buat 5 Bisnis Tanpa Modal melalui Instagram

Jenis bisnis yang bila dilakukan melalui Instagram

Besarnya modal dalam berbisnis tentu merupakan jadi patokan penting untuk memulainya. Namun, itu semua jangan dijadikan penghalang untuk membuka sebuah bisnis impian kamu.

Di era yang serba digital ini, setiap orang pasti tidak dapat jauh dari si kecil canggih yang bernama smartphone. Ditambah dengan fitur-fitur dan aplikasi di dalamnya, termasuk instagram, membuat si pengguna dapat berlama-lama tertegun di depan layarnya. Nah, tentu kamu bisa memanfaatkan hal ini dengan mengembangkan bisnis melalui Instagram.

Instagram, selain sebagai media untuk hiburan, tanpa disadari juga mampu memberikan peluang buat kamu untuk memulai bisnis dengan modal nol namun tetap menguntungkan. Apa saja bisnis itu? Simak ulasan berikut ini

5 Bisnis yang Bisa Kamu Coba Sekarang!

1. Bisnis Online

Kata siapa dalam memulai bisnis online kita harus memiliki modal terlebih dahulu? Tidak. Kamu bisa mengakalinya dengan tips berikut ini:

Sistem Pre-Order.
Sistem Pre-Order ini sering kita jumpai dalam bentuk reseller atau pun dropshipper. Langkah ini dapat dilakukan oleh siapa saja bukan? Termasuk Kamu. Hanya diperlakukan kefasihan dalam berkomunikasi atau dalam menjual produk melalui Instagram.

Kamu di sini sebagai penyalur dari produsen dan konsumen.Langkah selanjutnya adalah dengan menggencarkan promosimu melaui Instagram. Buat semenarik mungkin agar calon pembeli ini minat untuk memiliki daganganmu. Kalau perlu, buatkan katalog mengenai barang daganganmu untuk memudahkan si calon pembeli untuk memilih barang yang ia sukai.

Baca Juga  Omzet Mukena Mencapai 17,5 Miliar, Syahrini Disenggol Ditjen Pajak

Untuk bisnis online lainnya, kamu juga bisa menawarkan jasa titip atau hand carry. Biasanya, jasa ini sering dilakukan saat kamu bepergian ke luar kota atau bahkan ke luar negeri.

Kamu tidak perlu mengeluarkan uangmu sendiri. Sistemnya hampir sama dengan pre-order,dimana kamu harus menentukan tenggat waktu pemesanan dan meminta konsumen untuk mentransfer total biayanya terlebih dahulu.

2. Media Partner

Dilansir dari IDNtimes.com, Media Partner atau Medpart sering digunakan kalangan anak muda (siswa SMA atau pun mahasiswa) untuk mencari dana untuk kegiatan mereka.

Medpart harus memiliki jumlah followers yang lumayan banyak, dari sini kita baru bisa mendapatkan keuntungannya. Untuk itu, kamu harus membuat akun Instagram yang berfokus untuk mempromosikan event-event tertentu. Semakin menarik event yang kamu promosikan, maka followers kian bertambah.

Langkah selanjutnya, kamu bisa mematok tarif untuk orang atau instasi yang ingin mempromosikan eventnya. Tadaaa, bisnis melalui Instagram pun dimulai.

Baca Juga: Tips Amankan Keuangan di Bulan Ramadhan (Part 2)

3. Foodies

Doyan kulineran? Hobi makanmu itu tentu bisa meraup keuntungan. Gimana caranya? Nih, kalau kamu mampir di suatu resto, foto makananmu dengan angle yang menarik. Hasil unggahan foto makanan atau minuman yang menggiurkan mampu menarik sejumlah followers untuk mampir ke akun instagrammu.

Baca Juga  5 Trik Menambah Pengikut Instagram Secara Organik

Kamu juga perlu menambahkan informasi mengenai lokasi, nama resto, harga, hingga komentar mengenai hidangan atau pun restoran di setiap foto. Semakin sering mengunggah foto, maka followers pun semakin melonjak tinggi.

Dengan menjadi foodies, kamu bisa mendapat keuntungan seperti makan gratis di suatu restoran atau dibayar untuk mempromosikan suatu produk makanan. Hobi dan bisnis bisa jalan bareng!

4. Traveler

Lebih suka jalan-jalan daripada makan? Hobi satu ini juga bisa menghasilkan uang lho. Tidak jauh beda dengan foodies yang mengunggah foto makanan, kamu bisa mengunggah foto perjalanan kamu.

Upayakan untuk lebih mempelajari fotografi agar memiliki hasil jepretan yang memuaskan mata. Sehingga, traveler lainnya pun tertarik untuk mengikuti akunmu.

Semakin banyak yang minat untuk mengunjungi akunmu. Maka, hal itu pun juga menarik minat beberapa destinasi wisata untuk memintamu mengulas tempat mereka dan mempromosikannya di akunmu.

Dikutip dari detiktravel.com, Alexander Thian atau aMrazing merupakan salah satu tokoh Indonesia yang sukses meraup keuntungan dari hobinya yaitu traveling. Sudah banyak sekali negara yang ia kunjungi berkat kelihaiannya dalam fotografi dan mengulas destinasi wisata.

Baca Juga  Memulai Bisnis Kerajinan Tangan? Simak Tips Jitu Berikut!

Jadi, selain kamu bisa jalan-jalan gratis, kamu pun juga akan maraup rupiah dari tempat wisata tersebut? Bisnis yang menggiurkan, bukan?

Baca Juga: Instagram untuk Bisnis: Semua yang Harus Anda Ketahui

5. Jual foto

Bukankah sayang jika hasil jepretanmu yang keren itu hanya terpampang di feed Instagram tanpa menghasilkan uang? Kamu bisa membuka bisnis dengan foto-  foto epicmu itu.

Dilansir dari IDNtimes, selain dijual dalam bentuk cetak, foto-fotomu itu juga bisa diperjual belikan di situs tertentu. InstaStock Images merupakan salah satu contoh situs yang akan membeli foto kecemu itu.

Beberapa contoh bisnis tanpa modal yang dapat dilakukan melalui Instagram di atas bisa kamu mulai sekarang. Poin penting dalam menjadi pebisnis adalah menjadi pribadi yang konsisten dan disiplin. Jadi, kamu minat yang mana?

Baca Juga: Ingin Buka Bisnis Baru? Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini!

Tinggalkan Balasan

Alokasi Dana THR

THR Akan Cair, Berikut Rinciannya!

Sumber dana pebisnis

Cara Memilih Strategi Dengan Resiko Sedang Untuk Copy Trading