in

Bagaimana YouTube Bisa Menghasilkan Uang?

Youtube menghasilkan uang

Tahun 2016 lalu, Google memutuskan untuk membeli YouTube dengan harga yang fantastis yaitu 1,65 miliar dollar AS atau setara dengan 23,76 T. Berawal dari sebuah situs kecil independen, kini Youtube berkembang menjadi semacam industri tersendiri. Banyak orang/ komunitas/ perusahaan yang menjadikan YouTube sebagai lahan pencaharian tambahan mereka. Lalu, sebenarnya bagaimanakah YouTube bisa menghasilkan uang?

Mengingat bahwa kita sebagai penonton tidak membayar sama sekali untuk menonton karya youtuber ini. Tentu semakin membuat penasaran bagaimanakah YouTube bisa menjadi mesin uang bagi para content creator atau youtuber , bukan?

Dikutip dari Kompas, berikut cara yang membuat Youtuber menghasilkan uang:

1. Monetizing Options

Tahap pertama adalah mengaktifkan opsi monetasi. Ini berarti, kamu mengizinkan Google/ YouTube untuk menempatkan iklan pada videomu. Kemudian iklan pun akan muncul di awal video, di tengah atau pun berbentuk pop up. Channel YouTubemu akan mendapat uang setiap ada yang melihat iklan-iklan ini. Dengan syarat bagi hasil, maka kamu mendapat bagian 55 persen, sedangkan YouTube mendapat 45 persen.

Baca Juga  Rahasia Promosi Media Sosial Agar Postingan tidak Sia - sia (Part 2)

Cara menghitung jumlah pemasukan yang didapat dari iklan tersebut yaitu menggunakan CPM atau Cost Per Mille, artinya, nilai iklannya dibayar per 1.000 viewer. Pengiklanan akan membayar 1 dollar AS untuk 1000 viewer di videomu. Jadi intinya, semakin banyak viewer maka semakin gendut pula rekeningmu.

Baca Juga: 10 Youtuber Paling Kaya di Dunia

2. Sponsorship

Dalam perjalanannya, youtuber akan menambah pundi-piundi rupiah dengan cara menjalin kerjasama secara mandiri dengan perusahaan tertentu. Dengan jumlah viewer yang banyak, mampu menarik beberapa perusahaan untuk memintamu mengiklankan produk atau jasa mereka. Hal ini sering disebut dengan endorse. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Google Adsense dengan menempelkan banner iklan di channel youtubemu.

3. Celebrity Jobs

Akhir-akhir ini, banyak sekali tanlenta-talenta yang sering muncul di stasiun Televisi dimana mereka lahir dari Youtube. Sudah diketahui juga, bahwa beberapa dari mereka sukses mendunia, contohnya Justin Bieber dan Psy. Untuk Youtuber lokal sendiri, contohnya Raditya Dika, RezaArab, Eka Gustinawa, AlfyRev, dan masih banyak lagi content creator yang berbakat lainnya.

Baca Juga  Panduan Mudah Daftar Adsense Melalui Akun Youtube

Menjadi seorang yotuber membuat mereka membuka jati diri dan bakat yang terpendam, contohnya public speaker, TV Host, atau pun aktor yang menghiasi layar kaca perfilm-an Indonesia. Dan dari sinilah pendapat lain yang diterima oleh youtuber.

Baca juga: Awas! Ini 4 Tanda Keuangan Berada di Ujung Tanduk

 

Tinggalkan Balasan

Pentingnya Asuransi Saat Memasuki Usia Produktif

Youtuber Terkaya

10 Youtuber Paling Kaya di Dunia