in

3 Tips Keuangan Sebelum Meluncurkan Startup

tips keuangan startup
Membangun Startup

Membangun perusahaan dari awal memang sulit. Karena itu, jika Anda berencana untuk meluncurkan startup, Anda perlu mempertimbangkan 3 tips keuangan ini dengan hati-hati sebelum meluncurkan startup. Mempertimbangkan 3 hal ini dapat membantu Anda menghindari kesalahan keuangan umum yang biasanya dilakukan oleh para pendiri startup.

Dikutip dari The Entrepreneur, berikut adalah 3 tips keuangan sebelum meluncurkan startup.

1. Manajemen arus kas

Kehabisan uang adalah kesalahan paling umum yang dilakukan oleh pendiri startup. Dengan demikian, manajemen arus kas sangat penting. Sebagai pendiri startup, Anda perlu tahu dari mana setiap dana berasal. Selain itu, Anda juga perlu tahu ke mana setiap dana akan pergi.

Tanpa manajemen arus kas yang baik, bisnis Anda akan berada dalam posisi berbahaya. Tidak peduli seberapa bagus layanan yang diberikan oleh startup Anda, manajemen arus kas tetap menjadi elemen yang paling penting. Sekarang, tetapkan anggaran dan patuhi itu.

Baca juga: Kesalahan Umum yang Sering Dilakukan Para Perintis Start Up

2. Monitor pengeluaran

Untuk startup baru, biaya akan datang dari segala arah. Namun, untuk mempekerjakan staf  untuk menangani pencatatan itu tidak ramah anggaran. Dengan demikian, opsi yang tersisa untuk Anda hanya menggunakan perangkat lunak akuntansi. Perangkat lunak ini akan membuat Anda tetap teratur.

Baca Juga  6 Cara Mengatur Waktu untuk Meningkatkan Produktivitas

Selain membantu dengan manajemen arus kas, perangkat lunak ini juga akan membantu Anda dengan pajak. Kemudian, begitu startup Anda tumbuh, Anda dapat menyewa seorang profesional.

Baca juga:  4 Langkah untuk Menjadi Pengusaha Sukses

3. Batasi biaya

Agar startup yang baru anda didirikan ini berumur panjang, menjaga pengeluaran Anda adalah kuncinya. Anda tidak perlu menempatkan kantor Anda di jantung kota. Selain itu, Anda juga tidak perlu memenuhi kebutuhan makan penuh tiga kali sehari.

Jaga agar biaya operasional Anda tetap tipis. Dengan demikian, Anda dapat mengalokasikan sebagian besar modal Anda untuk perkembangan bisnis. Nantinya, itu akan memungkinkan Anda untuk suatu hari mengimplementasikan setiap kebutuhan yang Anda inginkan.

Terlalu banyak startup berfokus pada hal-hal yang salah. Mereka biasanya fokus pada kantor yang mewah dan fasilitas yang luar biasa. Pada saat yang sama, mereka lupa bahwa menghasilkan pendapatan harus menjadi prioritas utama mereka.

Tinggalkan Balasan

pendidikan keuangan anak

Tips Cerdas Khusus Anda Para Working Moms

perbedaan akun free swap dan akun standar

Penting Diketahui, Perbedaan Akun Swap Free dan Akun Standar