in

4 Tips Hilangkan Canggung dengan Bawahan yang Lebih Tua

menyuruh bawahan lebih tua

Dalam dunia kerja, atasan dengan usia yang lebih muda dibandingkan bawahannya, bukanlah hal yang sulit untuk ditemukan. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pada Anda sendiri.

Tentu terkadang Anda merasa tak nyaman, jika harus menyuruh bawahan yang lebih tua. Namun, dengan menerapkan  tips berikut ini, kecanggungan yang dirasakan itu akan mulai menghilang. Ini dia ulasannya dari Swara Tunaiku.

1. Sesuaikan gaya komunikasi

 

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah menyesuaikan gaya berkomunikasi dengan bawahanmu yang lebih senior itu. Hal ini sangat penting dilakukan untuk mencegah gesekan-gesekan yang bisa disebabkan oleh kesalahpahaman.

 

Jarak atau gap generasi di antara dua orang, rentan timbul perbedaan dalam gaya menyampaikan pendapat. Maka dari itu, kamu harus pelajari bagaimana gaya berkomunikasi bawahan kamu yang lebih senior tersebut.

 

2. Jangan malu untuk bertanya dan berdiskusi

 

Dalam membentuk sebuah tim yang solid, kamu harus bisa membentuk suasana diskusi yang aktif. Jangan malu untuk bertanya, berdiskusi, dan meminta pendapat seputar pekerjaan pada bawahanmu yang lebih senior.

Baca Juga  Ingin Menjadi Marketing Handal? Lakukan 5 Tips Berikut!!

 

Pengalaman mereka pasti lebih banyak, tentunya akan membuat tim kamu lebih maju dan juga solid. Selain itu, kamu juga bisa ambil pelajaran dari pengalaman mereka untuk bisa diterapkan dalam lingkungan pekerjaanmu.

 

3. Percaya diri dan tetap tunjukkan respect

 

Bukan berarti usiamu yang lebih muda membuatmu menjadi minder. Kamu harus tetap percaya diri, karena perusahaanmu telah memberikan kepercayaan khusus untuk kamu dalam memangku jabatan atau posisi tersebut.

 

Kamu tidak perlu mendengar omongan-omongan di luar sana yang meremehkanmu dalam menjabat posisi tertentu. Kamu harus tetap percaya diri, namun tetap dibarengi dengan rasa respect pada setiap seniormu. Hal ini akan membuat para seniormu juga akan semakin menghargaimu sebagai pemimpin mereka.

 

4. Jangan sungkan untuk sharing pengalaman kehidupan dengan mereka

 

Selain hubungan pekerjaan, kamu juga harus membangun hubungan pribadi dengan siapapun yang ada di perusahaanmu. Terutama, pada seluruh anggota tim kamu agar terbentuk hubungan yang lebih intim antara satu sama lain. Kamu bisa sharing mengenai pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Mengenal Marketing, Apa Saja Perannya?

 

Pada momen tersebut, tentunya kamu akan banyak bertanya dan banyak belajar pada bawahanmu yang lebih senior tersebut. Mereka pasti memiliki banyak pengalaman yang bisa dibagikan kepadamu. Selanjutnya, secara tidak sadar, bawahanmu yang lebih senior tersebut akan merasa dihargai dan diperhatikan olehmu. Tentunya, hal ini akan berdampak baik untuk keberlanjutan hubungan kerjamu.

Tinggalkan Balasan

target keberhasilan trader

Sudah Adakah Pertanda Resesi Ekonomi 2020?

Berkenalan dengan William Tanuwijaya Pendiri Tokopedia