in

Mengenal Marketing, Apa Saja Perannya?

tanggung jawab divisi marketing terhadap keberlangsungan perusahaan

Suatu perusahaan pasti memiliki yang namanya divisi Marketing. Sebenarnya apa sih marketing itu? Apa saja peran dan tanggung jawab divisi marketing terhadap perusahaan? Simak ulasan PikiranTrader berikut.

Pengertian Marketing

Banyak orang berfikir bahwa marketing dan sales adalah sama. Padahal keduanya sangat berbeda. Marketing merupakan perancang strategi. Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.

Devisi marketing bertugas menganalisis apa yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga perusahaan dapat mengembangkan produk, harga, pelayanan dan melakukan promosi supaya kebutuhan konsumen dapat terpenuhi serta perusahaan mendapatkan keuntungan.

Tanggung Jawab Marketing

1. Mencapai Target

Tugas utama divisi marketing adalah harus memenuhi pencapaian target perusahaan. Dengan begitu mereka harus bekerja sejak sebelum, saat, serta setelah produk berada di pasar. Karena sekali lagi, target perusahaan harus tercapai. Oleh karena itu penting bagi seorang marketing untuk selalu menemukan cara mencapai target penjualan. Baik itu penjualan tim maupun individu dan juga harus selalu memantau kegiatan dan kebutuhan pasar.

Baca Juga  Ingin Menjadi Marketing Handal? Lakukan 5 Tips Berikut!!

2. Memastikan Kepuasan Konsumen

Kepuasan konsumen menjadi prioritas utama seorang marketing. Karena ketika konsumen merasa puas atas produk yang mereka dapatkan, itu akan membuat produk yang dijual dapat dikenal secara luas.

Adapun cara mengetahui kepuasan pelanggan adalah dengan cara terjun langsung ke lapangan. Selanjutnya seorang marketing perlu mengukur tingkat kepuasan konsumen melalui riset pasar. Marketing harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen, sehingga mereka bisa mendapatkan strategi marketing yang ideal untuk produk selanjutnya.

3. Membuat Strategi Lanjutan

Tanggung jawab seorang marketing yang ketiga yaitu Membuat strategi lanjutan. Jika produk awal mereka sudah mencapai target maka divisi marketing perlu membuat strategi lanjutan, Bagaimana cara produk yang akan datang bisa lebih berhasil dari yang sebelumnya.

Strategi ini tentu berisi tentang sasaran, posisi pemasaran, serta besarnya pengeluaran perusahaan.

4. Mendapatkan Mitra Kerja

Pentingnya mitra kerja tidak dilakukan lagi dengan memiliki mitra kerja yang dipercaya dapat meningkatkan pendapatan perusahaan.

Baca juga: 8 Tips Membangun Relasi Bisnis

Baca Juga  Ini Beberapa Tipe Konsumen & Cara Memikatnya!

Contoh yang nyata  yaitu kredit motor, melalui bank ataupun perusahaan finance. Disini perusahaan motor bekerja dengan perusahaan kredit agar pembeli dapat membeli produk dengan cara yang lebih ekonomis

5. Rekap Data

Tugas terakhir dari seorang marketing yaitu rekap data dan penjualan. Mengetahui data hasil penjualan akan beguna sebagai referensi untuk menentukan target pemasaran selanjutnya.

Nah, dari lima tanggung jawab divisi marketing tersebut dapat disimpulkan bahwa pekerjaan marketing sangat berpengaruh terhadap keberhasilan perusahaan. Maka tidak salah ketika banyak orang berpendapat bahwa marketing merupakan ujung tombak sebuah perusahaan. Apakah anda tertarik bekerja di posisi ini? Untuk tips menjadi Marketing handal, tunggu artikel selanjutnya!!

 

Tinggalkan Balasan

Kolaborasi Bank dan Fintech, Apa Saja Keuntungannya?

Ingin Menjadi Marketing Handal? Lakukan 5 Tips Berikut!!