in

Ingin Menjadi Marketing Handal? Lakukan 5 Tips Berikut!!

Memiliki tim marketing yang handal merupakan idaman setiap perusahaan. Sesuai tugasnya, marketing memiliki peran penting terhadap target penjualan produk. Mengapa karena seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, marketing memiliki fungsi mencari, mendapatkan, mempertahankan dan memperbanyak konsumen, serta menguasai pasar

Lalu, bagaimana sih cara menjadi marketing yang handal? Berikut Tipsnya dikutip dari Liputan6:

1. Buat Strategi Marketing 

Salah satu strategi marketing yaitu melalui promosi. Promosi produk yang dilakukan dapat menarik minat pelanggan. Misalnya dengan memberikan potongan harga, menawarkan berbagai bonus untuk pembelian di atas rata-rata, menambahkan undian berhadiah pada event-event khusus.

Selain itu mengadakan beberapa kegiatan promosi yang melibatkan konsumen sebagai pesertanya. Sebagai contoh menjadi sponsor utama kegiatan sepeda gembira, jalan sehat bersama, serta acara lainnya.

2. Tentukan Target Konsumen

Tentukan juga target dan segmentasi pasar antara produk dan konsumen. Sebagai contoh, sebuah produk cocok untuk level konsumen tingkat apa. Dengan mengetahui target konsumen, akan mempermudah pembuatan strategi marketing.

Contoh target konsumen antara lain komunitas anak muda, khusus wanita, ataupun masyarakat umum yang berasal dari kalangan menengah atas atau kalangan menengah ke bawah.

Baca Juga  Jenis Cuti & Istirahat Kerja Yang Wajib Anda Ketahui (Part 2)

3. Memahami Perilaku Konsumen

Setelah memutuskan target pasar, Pastikan Anda memasarkan produk atau jasa kepada target pasar yang tepat. Karena itu seorang marketing yang cerdas harus kenali dulu perilaku konsumen yang Anda bidik untuk mengetahui minat dan kebutuhan mereka.

4. Menguasai Product Knowledge

Agar pembeli tertarik dan yakin membeli produk yang anda jual, anda perlu meyakinkan mereka dengan memberikan informasi lengkap mengenai produk tersebut.

Dengan mengetahui segala informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, maka secara tidak langsung dapat membantu Anda untuk meyakinkan para calon konsumen.

Adapun ulasan yang harus disampaikan antara lain kelebihan produk, kegunaannya, kualitasnya, serta harga produk kepada calon konsumen. Tujuannya agar mereka semakin yakin untuk memilih produk atau jasa yang Anda tawarkan.

5. Evaluasi

Penting bagi tim marketing untuk melakukan evaluasi setelah produk terjual di pasaran. Evaluasi dapat dilakukan berdasarkan hasil dari research respon konsumen.

Pelanggan memberikan respon berbeda-beda terhadap produk atau jasa yang kita tawarkan. Bila pelanggan puas dengan produk atau jasa Anda, cantumkan respon tersebut sebagai bukti nyata untuk memperkuat keunggulan produk yang ditawarkan. Namun jika respon konsumen kurang memuaskan, jadikan sebagai bahan evaluasi bagi Anda untuk mencapai hasil yang lebih baik ke depannya.

Baca Juga  Deretan Sponsor Bali United Penyokong Finansial Klub (2)

Itulah 5 cara agar menjadi marketing yang handal. Lakukan 5 hal tersebut dan capai target Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

tanggung jawab divisi marketing terhadap keberlangsungan perusahaan

Mengenal Marketing, Apa Saja Perannya?

Kesalahan Penyusunan Content Marketing, Harus Dihindari