in

Maksimalkan Media Sosial untuk Kemajuan Bisnis dengan Tips Sakti dari Gary Vee Ini!

Sosok Gary Vaynerchuk tentu tak asing lagi bagi Indonesia. Kedatangan pemilik VaynerX Communication, yang juga menjadi pembicara aktif di dunia pemasaran digital dan wirausaha, bulan Maret lalu ke Jakarta dalam sebuah acara yang digelar oleh Jouska, sebuah start-up yang bergerak di bidang edukasi dan jasa perencanaan keuangan, disambut banyak para wirausaha muda Indonesia. Gary Vee, begitu ia akrab dipanggil, memang rajin membagikan ilmu dan aneka tips inspiratif untuk sukses berbisnis dengan gayanya yang lugas. Salah satu topik yang kerap disampaikan oleh Gary adalah cara memajukan bisnis melalui kanal media sosial.

Seiring perkembangan dunia digital di era milenial, media sosial kian tak terlepaskan dari kehidupan masyarakat, termasuk para konsumen target bisnis Anda. Gary Vee menyebutkan bahwa masih banyak salah kaprah yang terjadi dalam penggunaan media sosial untuk bisnis. “Banyak orang tak sadar betapa kuatnya media sosial sebagai dasar komunikasi bisnis,” ujarnya dalam sebuah wawancara dengan The Jakarta Post.

Gary Vee merangkum beberapa tips dan hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan media sosial bagi bisnis Anda, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Mulai dengan apa yang Anda kuasai dan sukai

Konten yang berhasil menyentuh para pemirsa berawal dari diri Anda yang otentik. Buatlah sesuatu yang memang Anda minati dan tahu dengan baik. Langkah ini juga akan menentukan keunikan dan keunggulan Anda dari para pesaing. Pastikan Anda memproduksi konten dengan efisien, memanfaatkan sumber daya dan waktu dengan perhitungan matang. Tak perlu ragu memilih format yang paling cocok dengan kondisi bisnis Anda, supaya usaha Anda tidak sia-sia.

2. Kenali dinamika berbagai media sosial yang ada

Banyak sekali media sosial yang ada di dunia maya. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri dan pangsa pasar spesifik. Sesuaikan pilihan media sosial yang Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis dengan pangsa pasar Anda, misalnya Snapchat untuk remaja, Instagram untuk dewasa muda dan dewasa, serta Facebook yang menyasar segmen lebih matang (di atas usia 35 tahun). Jangan terpaku pada media sosial yang sedang naik daun saja, namun telusuri peluang dari setiap kanal yang ada.

3. Jaga komitmen Anda untuk terus bergerak

Pergerakan tren di media sosial yang begitu dinamis sangat membuka kesempatan perubahan yang bisa terjadi kapan saja. Hadapi perubahan ini dengan konsisten bergerak sesuai tujuan bisnis Anda, termasuk membangun merek dan reputasi. Bagi Anda pemilik bisnis baru, sadarilah bahwa banyak hal akan terkuras di tahun pertama hingga kedua dari usia bisnis Anda. Letakkan fokus dan komitmen sebesar-besarnya untuk membangun bisnis Anda di fase awal ini.

Tidak ada kesuksesan yang terbangun instan begitu saja. Gary Vee menyampaikan bahwa kegagalan adalah sebuah proses yang tak mampu dihindari. Jadikan setiap jatuh-bangun Anda berbisnis sebagai tahap belajar. Menangkan media sosial sebagai penyokong dan pembangun bisnis Anda untuk terus melebarkan sayap.

Baca Juga  Panduan Mudah Daftar Adsense Melalui Akun Youtube

Tinggalkan Balasan

kesalahan dalam bisnis franchise

Kesalahan-Kesalahan yang sering Terjadi dalam Bisnis Waralaba (Part 3)

pikiran pebisnis

Hidari 5 Pikiran Ini Jika Ingin Sukses Berbisnis!