in

Marak Digunakan, ini Kelemahan Uang elektronik

Kelemahan Uang elektronik

Meski di era digital saat ini uang elektronik (e-money) atau uang elektronik tengah marak digunakan, tapi bukan berarti tidak mempunyai kekurangan. Ada beberapa hal yang perlu menjadi catatan ketika Anda mulai aktif menggunakan uang elektronik tersebut. Nah, inilah beberapa kelemahan uang elektronik dilansir dari Cermati.com.

1. Lebih Konsumtif

Sadar atau tidak, uang elektronik membuat manusia lebih konsumtif dibandingkan sebelumnya. Apa alasannya? Karena kita sama sekali tidak mengeluarkan uang sepeser pun selama transaksi. Padahal uang tunai yang kita miliki sudah ditukarkan menjadi saldo di kartu saat proses pengisian saldo. Giliran saldo habis, barulah kita kesusahan untuk mengisi ulang saldo.

2. Keamanan Rendah

Uang elektronik dapat berpindah tangan dengan mudah. Semua orang bahkan dapat menggunakannya, termasuk orang yang tidak dikenal mengingat transaksi dengan uang elektronik sama sekali tidak menggunakan pin. Ketika kartu hilang, orang yang menemukan kartu tersebut bisa menggunakan kartu sepuasnya sampai saldo di dalamnya habis.Kalau dipikir-pikir, kita sebagai pemilik pasti sangat dirugikan oleh hal ini. Tapi mau tidak mau kita memang harus merelakan kartu tersebut.

Baca Juga  Kesalahan-Kesalahan yang sering Terjadi dalam Bisnis Waralaba (Part 3)

3. Saldo Sisa Tidak Dapat Dikembalikan

Meskipun pembayaran dengan uang elektronik cukup mudah, ada kalanya kita merasa bosan untuk menggunakan kartu, sementara kartu masih memiliki saldo di dalamnya. Berapapun jumlah saldo di dalamnya, Anda tidak boleh menarik saldo sisa layaknya di kartu debit. Semua saldo yang tersisa di dalam harus direlakan ketika kartu tersebut tidak digunakan lagi.

4. Kartu Hilang, Uang Hilang

Setiap manusia tidak lepas dari sikap ceroboh dalam segala hal, termasuk dalam hal penyimpanan kartu elektronik. Ada kalanya kita lupa dimana kartu tersebut diletakkan dan akhirnya hilang. Ingat, kartu yang hilang tidak dapat diurus kembali. Uang yang ada di dalamnya juga akan hilang bersamaan dengan hilangnya kartu. Anda juga tidak dapat memblokir kartu layaknya kartu debit atau kredit ya.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakannya, mari kita pikirkan dulu beberapa kekurangan dan kelemahan yang ada pada uang elektronik ini. Jadi jangan hanya kelebihannya saja ya yang dilihat.

Baca Juga  Penting Diketahui, Perbedaan Akun Swap Free dan Akun Standar

 

Tinggalkan Balasan

3 instrumen investasi

Suntik Pahala Idul Adha dengan Reksa Dana Syariah

perempuan karir

Anda Perempuan Karir? Lakukan 3 hal Ini agar Karir Tetap Cemerlang