in

Bingung Memilih dan Menentukan Broker? Simak Acuan Memilih Broker Berikut

acuang dan cara memilih broker

Dalam rangka menjadi investor saham, salah satu langkah pertama yang harus diambil adalah mendaftar ke sebuah perusahan sekuritas (perusahaan efek), atau yang sering disebut juga sebagai perusahaan pialang atau broker saham. Namun, bagaimana cara agar kita dapat memilih broker saham terbaik? Karena sekuritas jumlanya sangat banyak, kita harus tahu dulu faktor apa-apa saja yang dijadikan acuan untuk memilih broker yang sesuai dengan Anda.

1. Reputasi broker

Broker atau sekuritas yang patut menjadi pertimbangan awal adalah yang memiliki reputasi yang baik dipasar modal. Dalam hal ini, sekuritas ini dipandang baik oleh regulator seperti Bursa Efek Indonesia / Indonesia Stock Exchange (IDX).

Sering melaksanakan training untuk investor, memberikan berita pasar setiap pagi adalah contoh sekuritas yang baik.

Baca juga: 6 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

2. Fitur yang lengkap

Fitur yang ditawarkan oleh sekuritas dalam sistem trading online merupakan hal yang juga harus diperhatikan. Semakin bagus fitur yang miliki, maka semakin mudah trader dan investor melakukan aktivitas investasinya.

Baca Juga  Politik Kantor Berdampak Penting bagi Karier Anda, Apa Saja Manfaatnya?

Contoh sekuritas yang memberikan fitur auto buy dan auto sell atau fitur kemudalan beli saham dan reksa dana dalam satu aplikasi dan masih banyak lagi fitur unggulan yang dimiliki oleh sekuritas.

3. Keramahan setoran awal

Perlu Anda ketahui, setiap sekuritas memiliki ketentuan yang berbeda-beda dalam hal kewajiban setoral awal dalam akun trading saham. Ada yang mewajibkan melakukan setoran awal 100rb, ada yang 500rb, 1 juta hingga puluhan juta.

Saya tidak tau persis kenapa ada kewajiban setoran awal ini, tapi kalau dilihat sekilas mungkin lebih ke komitmen investor dan kesanggupan investor dalam berinvestasi di dalam pasar saham. Jadi, pilihlah sekuritas yang memberikan kemudahan dalam setoran awal yang sesuai dengan profil Anda.

Baca juga: Cara Mencari Broker yang Mengijinkan Scalping

4. Dukungan broker untuk nasabahnya

Peran CS dalam bisnis servis tentu hal yang utama, begitu juga dalam dunia sekuritas dan broker. Sekuritas yang baik sangat peduli dengan nasabahnya.

Membantu investor dalam menggunakan aplikasi trading, membuat training gratis dan kopdar merupakan salah satu hal yang dilakukan oleh sekuritas untuk memaksimalkan layanan mereka ke nasabah.

Baca Juga  Tips Jual Mobil Bekas Agar Harga Tidak Anjlok (Part 1)

5. Biaya yang ditanggung investor

Sebagai perantara dalam pembelian saham, tentu ada bayaran yang harus dipenuhi investor untuk brokernya, salah satunya dengan memenuhi fee untuk BUY dan SELL.

Setiap sekuritas memiliki fee BUY dan SELL yang berbeda-beda. Semakin murah feenya, tentu semakin menarik untuk investor.

Selain fee BUY dan SELL, beberapa sekuritas juga membebankan biaya info market bulanan kepada nasabahnya. Oleh karena itu, harap bertanya sedetail mungkin kepada sekuritas tentang fee.

Setelah selesai mengetahui acuan memilih broker diatas, anda bisa memilih broker – broker terbaik di Indonesia di sini.

 

Tinggalkan Balasan

Mandiri Sekuritas

Review Broker: Mandiri Sekuritas

Deskripsi Produk Toko Online, Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Menulisnya

5 Bisnis Online Paling Cocok Di Era 4.0