in

Bunda, Sampaikan 4 Pengetahuan Dasar Keuangan ini kepada Buah Hati!

pendidikan keuangan anak

Banyak orang tua yang masih ennggan memberikan pendidikan keuangan kepada anak . Akibatnya anak menjadi boros dan tidak bisa memikirkan tentang kebutuhan primer atau tersier. Anak akan lebih mudah terpengaruh oleh keinginan mereka tanpa memerdulikan kedepannya dalam membeli suatu barang.Hal itu dapat membuat anak menjadi boros dan menjadi kebiasaan yang buruk untuk masa depannya.

Oleh karena itu, memberikan pendidikan keuangan kepada anak perlu dialakukan sejak dini. Dengan begitu anak akan terbiasa mengelola keuangannya. Berikut ini adalah 4 hal dasar keuangan yang harus disampaikan orang tua kepada sang buah hati yang dilansir dari Simulasi Kredit

1. Belajar Berhitung

Belajar matematika memang tidak gampang, tetapi kemampuan untuk berhitung nyatanya digunakan oleh semua kalangan dari muda maupun tua. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berhitung sangatlah mudah. Dengan anda ikut bermain jual beli dengan anak otomatis anak akan juga belajar berhitung dengan konsep menyenangkan.

2. Belajar menabung

Memberikan uang jajan kepada anak bisa menjadi salah satu konsep untuk mengajarkan pedidikan keuangan terhadap anak. Dalam memberikan uang saku orang tua harus memberikan pengertian terhadap anak tentang konsep menabung. Contoh berikanlah anak sebuah celengan dan setiap anda memberikan uang suruh menyisihkan sisa uang mereka untuk di tabung.

Baca Juga  Cara Menemukan Nama Bisnis Yang Sempurna

3. Membedakan Keinginan dan Kebutuhan

Anak anda yang masih kecil mungkin belum tahu untuk membedakan keinginan dan kebutuahan. Seperti contoh anak ingin tas baru tetapi tas yang lama masih banyak dan bagus, berikan pengertian kepada mereka bawah ada banyak anak lain yang tasnya sudah rusak dan tak mampu untuk membeli tas baru.

4. Mencari Kerja

Anak mendapatkan uang dari orang tua tanpa tahu asal-usul sumber uang yang orang tuanya dapatkan. Mereka tidak tahu betapa sulitnya mencari uang untuk kebutuhan hidup. Maka ajarkanlah bahwa uang tidak jatuh dari langit,tapi uang dicari dengan bekerja. Contoh berikan latihan jika ia dapat ingin dapat uang maka harus memberishkan tempat tidur, cuci piring dan membersihkan lantai.

Jangan sepelekan bahwa anak masih kecil terlalu dini untuk mempelajari konsep uang dan pendididkan financial. Karena kesuksesan anak tergantung didikan orang tuanya sejak dini dan Kebiasaan mereka akan menentukan kesuksesannya di masa depa

Tinggalkan Balasan

gaya hidup sukses

Ingin Jadi Orang Sukses? Coba Terapkan Gaya Hidup Ini! (Part 2)

keuangan anak

Pentingnya Mengajarkan keuangan Sesuai dengan Kategori Usia