in ,

Politik Kantor Berdampak Penting bagi Karier Anda, Apa Saja Manfaatnya?

Kesuksesan karier tercapai biasanya tidak melalui jalan yang selalu lurus dan mulus. Anda akan dihadapkan pada banyak tantangan dan ujian, hadir dari lingkungan kerja Anda. Salah satu yang ditakuti oleh banyak pekerja adalah berurusan dengan politik kantor. Hal satu ini kerap diasosiasikan dengan sarat intrik, kecurangan, saling menusuk dari belakang, dan citra negatif lainnya. Padahal, politik kantor berguna dalam membangun jalan karier menjanjikan bagi Anda. Simak manfaat politik kantor demi kemajuan Anda di dunia kerja.

1. Mengenali perusahaaan secara mendalam

Untuk sukses di kantor, Anda tentu perlu tahu baik seluk beluk perusahaan yang memperkerjakan Anda. Mendalami politik kantor memerlukan keterampilan pengamatan baik terhadap lingkungan kerja Anda. Anda perlu tahu karakter perusahaan Anda, mulai dari budaya yang dikembangkan, aturan yang ditetapkan (baik yang tertulis maupun tak tertulis), tokoh-tokoh kunci dan berpengaruh, serta peta kekuasaan pengendali perusahaan.

2. Mengasah keterampilan interpersonal dan kepemimpinan

Politik berkaitan erat dengan perilaku organisasi dan sumber daya manusia. Berhadapan dengan berbagai kepribadian yang punya tujuan masing-masing adalah sebuah kesempatan belajar tak terbatas bagi Anda. Di sini people skill Anda akan terasah dan teruji. Baik untuk berinteraksi dalam satu garis sejajar, maupun ketika Anda menjadi pemimpin pada kelompok kerja, politik kantor membantu Anda memahami para manusia di kantor Anda.

Baca Juga  Prinsip No Deposit Bonus Dari InstaForex

3. Memperbesar kesempatan meningkatkan karir

Terjun ke dalam politik kantor dan menjadikannya bagian dari dinamika kerja Anda akan membuat Anda tahu celah-celah yang dapat Anda gunakan untuk membangun anak tangga demi anak tangga pencapaian. Mereka yang mampu menaklukkan politik kantor, yaitu sosok yang bisa menempatkan diri baik dan tetap obyektif, akan mendapatkan perhatian dari pucuk pimpinan perusahaan. Di sini kemampuan Anda menjadi karyawan berstrategi cerdas akan memunculkan kualitas penting sebagai aset perusahaan yang patut dipertahankan.

4. Mengembangkan jejaring dan pengaruh

Mengenal semakin banyak manusia yang berkecimpung di dalam lingkungan kerja, memudahkan Anda membangun jejaring dan menyuntikkan pengaruh Anda ke dalamnya. Tonjolkan citra Anda melalui pencapaian penting dan juga perilaku profesional yang mengokohkan pribadi Anda sebagai sumber inspirasi. Dengan cara berintegritas, Anda bisa mengubah politik kantor menjadi sesuatu yang tak perlu ditakuti atau disalahgunakan. Mainkan politik kantor secara adil dan bertanggung jawab. Ingatlah bahwa apa yang Anda tabur, akan dituai sesuai baik dan buruknya. Ini berlaku pula pada kelangsungan karier Anda hingga di masa mendatang.

Baca Juga  4 Alasan Mengapa Menjadi Perempuan Berkarir itu penting

Tinggalkan Balasan

membeli rumah baru

Hindari Kesalahan Ini Jika Ingin Membeli Rumah Baru! (Part 2)

Keuntungan Istri yang Punya Penghasilan Sendiri (2)

Keuntungan Istri yang Punya Penghasilan Sendiri (2)