in

Fitur Kartu Kredit yang Bikin Hemat Pengeluaran Anda!

fitur kartu kredit

Selama ini kartu kredit sudah menjadi alat transaksi yang lumrah digunakan, khususnya sebagai pengganti uang cash. Selain menawarkan kemudahan tersebut, ternyata kartu kredit juga mempunyai beberapa fitur yang jarang diketahui. Beberapa fitur inipun tentunya sangat bermanfaat, khususnya untuk pengeluaran sehari-hari. Penasaran apa saja itu? Simak ulasan PikiranTrader berikut;

1. Voucher Belanja

Seperti yang kita ketahui, harga barang yang dijual di supermarket cenderung lebih mahal dibandingkan harga barang di pasar. Sebut saja kebutuhan pokok seperti minyak goreng dan bumbu siap saji. Tapi dengan kartu kredit, Anda bisa berbelanja hemat walaupun di supermarket. Beberapa supermarket kini telah menyediakan berbagai voucher yang merupakan hasil kerjasama dengan bank penerbit kartu kredit. Voucher ini bisa digunakan pada pembelanjaan berikutnya, sehingga total yang dibayarkan ke kasir menjadi lebih sedikit. Pemberian voucher biasanya berbatas waktu. Cek masa berlakunya terlebih dahulu sesaat setelah voucher diterima, sehingga Anda bisa mengatur jadwal belanja berikutnya dalam rangka menggunakan voucher.

Baca juga: Ketahui Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Zona Berlakunya

Baca Juga  Mengetahui Saham Preferen dan Cara Menghitungnya

2. Harga Khusus di Merchant Tertentu

Bank yang sudah menjalin kerja sama dengan merchant tertentu sering memberikan potongan harga khusus kepada konsumen apabila total belanjaannya mencapai jumlah yang telah ditentukan sebelumnya. Harga spesial ini tentunya hanya bisa didapatkan apabila transaksi dibayarkan dengan kartu kredit. Untuk total potongan harganya sendiri tergantung dari kebijakan merchant dan bank penerbit kartu kredit itu sendiri. Khusus untuk bank penerbit yang sudah besar, jumlah potongan harganya bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Sama seperti voucher, harga khusus diberikan dalam batasan waktu. Cek masa berlaku, syarat, dan ketentuan untuk mendapatkan harga khusus ini sehingga tidak keliru saat menggunakannya. Jika Anda ragu, sebaiknya tanyakan perihal potongan harga ini pada kasir yang bekerja pada merchant yang bersangkutan.

3. Tukar Mata Uang Relatif Murah

Fitur kartu kredit yang ketiga ini sebenarnya sudah bukan menjadi hal yang wah, namun tentunya akan sangat berpengaruh pada keuangan Anda. Seperti yang kita tahu saat kehabisan uang cash saat traveling ke luar negeri bukanlah hal yang harus diambil pusing. Sekarang, traveler bisa menukarkan uang dalam jumlah berapapun hanya dengan menggesek kartu kredit. Saat menukarkan uang, Anda memang akan dikenakan fee dalam jumlah tertentu. Tapi tenang, jumlah fee-nya masih sangat terjangkau, jadi tidak perlu khawatir terhadap membengkaknya pengeluaran saat menukarkan mata uang asing menggunakan kartu kredit. Meski demikian, Anda tetap harus menyediakan mata uang asing yang cukup sebelum berangkat ke luar negeri. Tujuannya untuk menghindari adanya penukaran uang dalam jumlah yang sangat besar, sehingga penggunaan kartu kredit tetap terkontrol dengan baik.

Baca Juga  Bangun Riwayat Kredit yang Baik dengan 4 Cara Ini, Yuk!

Baca juga: Tips Memilih Kartu Kredit yang Tepat

 

Tinggalkan Balasan

20 juta untuk beli iPhone atau investasi

Duit 20 Juta, Enaknya Beli iPhone 11 atau Investasi Nih? Part 2

Bermain Cantik dalam Politik Kantor Perlu Strategi, Inilah 5 Cara Ampuhnya!