in

Fitur Kartu Kredit yang Bikin Hemat Pengeluaran Anda! (Part 2)

kredit

Semakin hari, semakin banyak orang yang menggunakan kartu kredit. Hal ini tidak terlepas dari berbagai perkembangan dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh masing-masing bank penerbit kartu kredit. Beberapa fitur tersebut bahkan bisa digunakan untuk menghemat pengeluaran rutin sehari-hari. Fitur inipun bisa digunakan oleh semua pengguna kartu kredit tanpa terkecuali. Jika pada artikel sebelumnya telah membahaas beberapa fitur kartu kredit yang bermanfaat untuk menghemat pengeluaran, kali ini PikiranTrader akan melanjutkan pembahasan pada part-2. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini;

1. Tukarkan Poin dengan Reward

Semakin banyak transaksi yang terekam di kartu kredit, maka semakin banyak poin yang bisa didapatkan. Poin bisa ditukarkan dengan berbagai reward apabila sudah mencapai jumlah tertentu. Misalnya voucher makan, belanja, cashback tagihan, atau harga spesial untuk menginap di hotel berbintang. Apabila jumlah poin lumayan banyak, Anda bisa langsung menukarkannya dengan dua rewards sekaligus. Sangat menguntungkan, bukan? Tapi perlu diingat, poin tersebut tak selamanya aktif alias memiliki masa tenggang. Jika diabaikan atau terlupakan maka bisa saja poin kartu kredit hangus begitu saja. Baiknya, selalu cek masa berlakunya agar poin tidak terlanjur expired. Apabila masa berlakunya sudah hampir habis, segera tukarkan dengan rewards yang ada.

Baca Juga  Rekomendasi Situs Transaksi Emas Online Terpercaya (Part 2)

2. Pembayaran Cicilan 0%

Ingin membeli barang ini dan itu tapi uangnya belum terkumpul juga? Jangan khawatir, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit dengan program cicilan 0% untuk membeli barang-barang yang diinginkan. Cicilan 0% memungkinkan Anda untuk membayar cicilan tanpa bunga sepeser pun, tapi hanya dalam kurun waktu tertentu saja yaitu 12 bulan. Bila lebih dari masa yang ditentukan, Anda akan dikenakan cicilan sesuai dengan tingkat suku bunga yang ditetapkan oleh bank. Pastikan kondisi finansial Anda menyanggupi nominal cicilan yang harus dibayarkan setiap bulan, sehingga pembayaran cicilan tidak macet dan pastinya tidak lebih dari 12 bulan. Menarik bukan?

Baca juga: Belanja Online dengan Kartu Kredit? ini Tips Amannya

3. Mengumpulkan Air Miles

Pembayaran tiket pesawat menggunakan kartu kredit memudahkan Anda untuk mengumpulkan air miles dari setiap perjalanan. Air miles ini sewaktu-waktu dapat ditukarkan untuk mendapatkan fasilitas terbaik dari maskapai penerbangan. Misalnya akses ke lounge secara gratis, upgrade kelas penerbangan, atau bahkan kesempatan mendapatkan tiket pesawat gratis, baik untuk penerbangan domestik maupun internasional. Pilihlah bank penerbit kartu kredit yang diperuntukkan khusus bagi traveling, sehingga pengumpulan air miles semakin cepat dan maksimal. Dengan begitu, Anda bisa segera menukarkannya sesuai fasilitas yang ditawarkan oleh maskapai.

Baca Juga  Pengertian Credit Score yang Anda Harus Tahu

4. Cashback saat Isi Bensin

Harga bahan bakar yang melambung tinggi bukanlah suatu persoalan bagi Anda yang beraktivitas menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, beberapa bank penerbit kartu kredit sudah menyediakan cashback untuk setiap transaksi pengisian bahan bakar di SPBU terdekat. Total cashback yang diberikan sangat bervariasi, tergantung jenis bank kartu kreditnya. Sayangnya, cashback ini sifatnya bersyarat. Jika ingin mendapatkan cashback, Anda harus memenuhi syarat tersebut. Misalnya di Bank Danamon, cashback hanya diberikan bagi pengguna kartu kredit yang sudah bertransaksi minimal 5x di merchant atau retail yang bekerja sama dengan bank. Fitur ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran Anda bukan?.

Baca juga: Untuk Milenial, Simak Kegunaan Tersembunyi dari Kartu Kredit Berikut!

Itulah fitur-fitur kartu kredit yang bermanfaat untuk menghemat pengeluaran Anda. Namun ingat untuk selalu bijak dalam menggunakan kartu kredit. Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi tujuan utama saat menggunakan kartu kredit. Dengan begitu, barulah Anda bisa menyesuaikan dengan fitur yang ditawarkan. Semoga membantu.

Baca Juga  Awas! Ini Tanda Keuangan Keluarga Sedang Tidak Sehat

Tinggalkan Balasan

Milenial Sering Kehabisan Uang, Benarkah?

3 Kiat Penting Membangun Situs Bisnis yang ‘Mobile Friendly’