in ,

Yuk, Kenali Keuntungan Lewat Investasi Cendotel !

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2)
Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2) (C) RUMAH123

Sebenarnya apa sih cendotel itu? Cendotel merupakan singkatan dari kondominium hotel. Jadi, investasi cendotel merupakan jenis instrumen investasi dalam bentuk properti. Namun, siapa sangka jika ada keuntungan menggiurkan yang ditawarkan lewat investasi cendotel?

Baca juga: Simak Investasi yang Cocok Untuk Penikmat Zona Nyaman !

Bentuk Cendotel

Bentuk cendotel sebenarnya mirip dengan unit-unit apartemen atau kondominium dalam bangunan vertikal. Namun, perbedaannya terleta pada fasilitas yang disediakan. Fasilitasnya lebih lengkap layaknya di hotel.

Jadi, intinya fasilitasnya jauh di atas apartemen biasa layaknya hotel. Di sini Anda dapat menemukan kolam renang, pusat kebugaran, spa, hingga ruang rapat.

Semua fasilitas itu membuat semua orang yang menginap di condotel akan betah dan enggan pulang. Fasilitas-fasilitas tersebut memang didesain untuk memberikan kenyamanan ekstra bagi para pengunjung properti ini.

Orang yang menginap di cendotel adalah pengunjung

Orang yang menginap di cendotel ini disebut pengunjung. Mengapa? Karena cendotel memang bukan ditujukan sebagai tempat tinggal. Pada dasarnya, condotel adalah kamar-kamar layaknya unit apartemen yang dibeli oleh investor untuk dibisniskan atau diinvestasikan. Unit-unit dalam condotel pada nantinya akan dioperasikan oleh pengelola hotel untuk disewakan kepada pengunjung yang datang.

Baca Juga  Investasi Obligasi, Investasi Apa Itu?

Baca juga: Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 2)

Bagaimana Meraup keuntungan lewat Condotel

1. Dijual kembali

Karena mengejar keuntungan yang tinggi, untuk itu pembelian cendotel dilakukan di awal agar mendapatkan harga yang miring. Yang mana artinya, cendotel tersebut masih dalam proses pembangunan alias belum siap ditempati.

Hingga nanti, cendotel tersebut akan dijual kembali begitu selesai dibangun. Dengan harapan harga cendotel baru memiliki nilai jual tinggi. Ada pula yang menahannya beberapa waktu, untuk mengikuti inflasi sehingga nilainya semakin tinggi.

Namun, membeli pada saat belum siap huni juga memiliki risiko. Bangunan condotel yang begitu besar dan menjulang tentu membutuhkan waktu lama dalam pengerjaannya. Dalam jangka waktu hingga bangunan tersebut selesai, Anda akan sulit menjualnya kembali. Terpaksa Anda harus menunggu sampai pengerjaan condotel tersebut rampung guna menghasilkan keuntungan dari rencana investasi cendotel tersebut.

2. Disewakan

Pilihan yang kedua yaitu bekerjasama dengan pihak kedua yakni manajemen hotel. Kemudian, manajemen hotel akan menyewakan unit Anda kepada pihak ketiga. Dari sana, Anda dapat memperoleh keuntungan sewa.

Baca Juga  Gawat! Tahun 2020 Millenials Diprediksi Melarat

Dikutip dari finansialku, Skema yang digunakan dalam penyewaan condotel ada dua. Yakni skema jaminan dan bagi hasil. Yang mana masing-masing memiliki keuntungan maupun kerugiannya sendiri-sendiri.

Skema jaminan

Melalui skema jaminan, return yang diberikan sekitar 8-12% melalui return on investmen (ROI). Jadi jika Anda memiliki sebuah unit condotel di daerah Jakarta yang bernilai Rp8 milyar dan memutuskan menjadikannya bisnis sewa yang dikelola manajemen dengan bunga 10 persen per tahun, maka Anda bisa memperoleh Rp800 juta setiap tahunnya.

Baca juga: Investor Reksa Dana Mau Beralih ke Saham? Wajib Simak Ini Dulu! (Part 1)

Kerugian dari skema jaminan yaitu memiliki jangka waktu. Skema jaminan memiliki jangka waktu tertentu yang membuat nilai properti Anda itu semakin turun setiap habis perjanjiannya. Jika contoh di atas adalah skema jaminan untuk tiga tahun, ketika masa tersebut habis dan Anda hendak menjaminkannya lagi, nilainya akan berkurang daripada sebelumnya.

Skema bagi hasil

Pada pilihan ini, sebagai investor anda tidakmemiliki keuntungan yang pasti tiap bulannya. Saat sewa sedang banyak, keuntungan Anda akan besar. Sebaliknya, jika unit condotel Anda sepi dikunjungi, dana bagi hasil yang didapat dari pengelola pun kian menipis.

Baca Juga  Jenis Investasi Syariah dengan Modal Kecil

Pada umumnya, perbandingan bagi hasil untuk penyewaan unit condotel antara pemilik dan penyewa berkisar 50:50 atau 60:40.

Sebagai keuntungan tambahan, Anda sebagai investor cendotel memiliki hak untuk menginap di condotel tersebut gratis selama 12-30 hari dalam setahun.

Tinggalkan Balasan

Alasan Broker Properti Online Harus Punya Website Pribadi (Part 2)

Poin yang Wajib Diperhatikan Ketika Memilih Condotel

investasi yang tidak terpengaruh inflasi

Mengenal Lebih Dalam Serba-serbi Inflasi (Part 2)