in ,

Deretan Emiten dengan Nilai IPO Luar Biasa di Dunia (Part 2)

IPO (Initial Public Offering)
IPO (Initial Public Offering)-(Finansialku)

Pada artikel sebelumnya sudah dirincikan 2 dari 5 emiten yang memiliki nilai IPO yang luar biasa di dunia. Berikut ini merupakan lanjutan dari deretan perusahaan yang mencatatkan sejarah dalam pasar modal, yakni memiliki nilai IPO bombastis yang berhasil kami rangkum dari kontan.co.id.

Baca juga: Deretan Emiten dengan Nilai IPO Luar Biasa di Dunia (Part 1)

Perusahaan dengan nilai IPO bombastis

3. Agricultural Bank of China

Dikenal juga dengan sebutan AGBank, Agricultural Bank of China Limited (ABC) adalah satu dari empat bank paling besar dan berpengaruh di Republik Rakyat Cina. ABC didirikan pada 1951 dengan kantor pusat di pusat Distrik Dongcheng, Beijing ini memiliki cabang di seluruh daratan China, Hong Kong, London, Tokyo, New York, Frankfurt, Sydney, Seoul dan Singapura.

Melakukan IPO pada 2010 dan listing di bursa saham Shanghai and Hongkong Stock Exchange. Pada saat melakukan penawaran saham perdana ini, ABC juga mencatat rekor tertinggi dalam perolehan uang dari hasil IPO ini. Yakni sebesar US$ 22,1 miliar atau setara dengan Rp 287,3 triliun.

Baca Juga  6 Perusahaan Sekuritas Terbaik di Indonesia

Baca juga: Cara Terbebas dari Himpitan Generasi Sandwich

4. General Motors

Perusahaan yang bergerak dibidang otomatif ini berdiri pada tanggal 16 September 1908. Awal mulanya pada Juni 2009, General Motors mengajukan bangkrut karena memiliki utang sebesar US$ 172,81 miliar, padahal keseluruhan asetnya berjumlah US$ 82,29 miliar. Departemen keuangan AS menyelamatkan perusahaan milik pemerintah Amerika Serikat dan Kanada ini dengan memberikan pinjaman US 30 miliar, lalu menukarnya dengan 60% saham.

Memukaunya, nilai IPO General Motors bisa mencapai US$ 23,1 atau setara dengan Rp 300,300 triliun. Selanjutnya, pejabat perseroan GM melakukan reorganisasi setelah IPO. Yakni melakukan perubahan struktur kepemilian saham.

5. Alibaba Group

Siapa yang tidak mengenal Alibaba Group, didirikan oleh Jack Ma pada tanggal 4 April 1999. Alibaba dimulai dengan tujuan: melalui internet, meningkatkan lapangan kerja melalui pembinaan perusahaan kecil sehingga menjadi besar, tumbuh dan bersaing secara lebih efektif di ekonomi domestic dan global.

Alibaba Group Holding, perusahaan e-commerce terbesar di Cina yang listing di NASDAQ pada 8 September 2014 ini berhasil meraup dana Rp 325 triliun. Angka fantastic karena merupakan angka terbesar sepanjang sejarah dunia.

Baca Juga  Gojek Ditinggal Nadiem, Apakah Jadi IPO ?

Baca juga: Wajib Disimak Untuk Fresh Graduate ! Cara Mengatur Keuanganmu

Ditulis Oleh Alif Putri

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Loading…