in

Pilih Investasi Emas di Pegadaian atau Online?

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh jika anda ingin berinvestasi emas, beberapa di antaranya adalah investasi emas fisik di Pegadaian atau investasi emas online.
(C) shutterstock

 

Investas emas di Pegadaian sedang jadi tren masyarakat Indonesia. Setelah menilai bahwa menabung tidak mampu menahan laju inflasi yang mengurangi nilai uang. Alhasil, apa yang dicita-citakan justru malah tak kesampaian.

Oleh karena itu, masyarakat yang sudah mengerti akan dampak inflasi terhadap mata uang memilih untuk melakukan investasi emas. Alasannya adalah agar nilai kekayaan mereka tidak berubah meski tergerus waktu.

Ada beberapa cara yang bisa ditempuh jika anda ingin berinvestasi emas, beberapa di antaranya adalah investasi emas fisik di Pegadaian atau investasi emas online. Lalu,mana yang lebin untung? Investasi emas di pegadaian atau online?

Investasi emas di Pegadaian

Cara investasi emas di Pegadaian ini merupakan salah satu cara investasi emas yang cukup banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia karena kemudahannya.

Kemudahan pertama adalah gerai yang tersebar di banyak daerah sehingga masyarakat hanya perlu datang ke lokasi terdekat. Selain itu syarat yang dibutuhkan untuk mulai berinvestasi emas di BUMN ini terbilang mudah, yakni hanya perlu melampirkan KTP.

Baca Juga  Apa Pengertian Overbought dan Oversold dalam Forex Trading?

Namun investasi emas di Pegadaian memiliki sejumlah kekurangan yang pada umumnya tidak diketahui oleh masyarakat umum. Kekurangan tersebut antara lain adalah:

  • Harga emasnya lebih mahal 10 – 15% dibanding harga pasaran: pada umumnya, mereka mematok harga emas jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga bila anda beli emas ditempat lain. Memang anda bisa menyicil untuk memiliki emas tersebut, namun hal ini tentunya tidak cocok bila anda hanya berniat melakukan investasi emas dalam jangka pendek, yakni 3 – 5 tahun saja karena hal ini justru akan membuat anda merugi.
  • Makin kecil gram yang dibeli, makin mahal harganya: kekurangan berikutnya dari investasi emas di pegadaian adalah makin kecil jumlah gram yang anda cicil, maka makin mahal jumlah total cicilan yang harus anda bayarkan. Dengan jumlah gram yang sama, anda mungkin akan menemukan harga emas yang lebih murah bila anda membelinya di pasar.

Baca juga: 3 Istilah dalam Trading Emas yang Wajib Anda Ketahui

Investasi emas online

Salah satu untuk mengatasi kekurangan investasi emas di Pegadaian, yaitu melalui  investasi emas online karena:

  • Harga mengikuti harga emas dunia: tidak seperti harga emas di Pegadaian, harga emas di investasi emas online mengikuti 1 standar internasional, yakni harga emas dunia. Jadi, harganya akan selalu seragam di belahan dunia manapun anda berada. Selain itu, investasi emas online pun bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, dengan syarat anda terhubung dengan koneksi internet.
  • Keuntungan bisa didapatkan saat harga emas turun: satu hal lagi yang membedakan investasi emas di Pegadaian dengan investasi emas online adalah meski harga emas online sedang turun, anda tetap bisa mendapatkan keuntungan. Ini adalah keuntungan dari investasi emas online yang tidak terdapat pada investasi emas di pegadaian.
  • Pasar emas online terbuka 24 jam 5 hari seminggu: uat anda yang ingin berinvestasi emas jangka pendek, anda bisa memilih trading emas online untuk investasi anda. Dibanding investasi jangka panjang Anda bisa mendapatkan keuntungan setiap harinya dari pergerakan harga emas, baik naik atau pun turun.
Baca Juga  IHSG Menguat, Melambung 105 Poin

Itu dia perbedaan antara investasi emas di Pegadaian dengan investasi emas online. Jelas terlihat bahwa investasi emas online memberikan keuntungan yang lebih menggiurkan dibandingkan dengan investasi emas di Pegadaian. Keuntungan-keuntungan inilah yang membuat para investor emas fisik mulai beralih ke investasi emas online.

Trader Harus Kenal Jenis Kerugian Trading

harga kurs rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 16 Januari 2020