in ,

9 Macam Jenis Investasi Yang Bisa Dipilih

Investasi sering didefinisikan sebagai menetapkan uang atau modal demi hasil atau bunga.
9 macam jenis investasi yang bisa dipilih, ada apa saja?

Adapun jenis investasi sebagai berikut,
– Tabungan dan Deposito
Menabung di bank adalah cara investasi yang paling sederhana, praktis dan mudah, didukung dengan likuiditas dan kemudahan pengambilan sewaktu-waktu. Deposito sendiri mirip dengan tabungan, namun dengan jangka waktu tertentu.

Obligasi
Obligasi adalah surat hutang dengan jangka waktu tertentu. Imbalan dari obligasi adalah modal pokok investasi plus kupon bunga.

Saham
Saham merupakan bukti kepemikiran (ekuitas) bukan surat hutang. Membeli saham berarti memiliki sebagian dari perusahaan, artinya juga anda berbagi resiko dengan emiten (penerbit saham).

– Membuka Usaha Baru
Alasan mengapa orang membuka usaha baru, selain potensi hasil yang tak terhingga juga bisa agar bisa melakukan pekerjaan yang benar-benar disukai. Perlu diingat bahwa resiko membuka usaha baru relatif besar. Kerugian usaha bisa sampai pada kebangkrutan yang bisa lebih dari menghabiskan modal.

Baca Juga  Persiapan Investasi Untuk Biaya Pendidikan Anak

– Properti
Berinvestasi diproperti memerlukan jumlah dana relatif besar dan juga komitmen jangka panjang, karena meski nilainya akan terus meningkat. Kendala likuiditas yaitu penjualan kembali properti yang tidak mudah dan memakan waktu lama.

– Logam Mulia
Pembelian emas meningkat seiring dengan inflasi hal ini mirip dengan menyimpan dana dalam bentuk valuta asing, keduanya sama-sama melindungi dari resiko penurunan nilai mata uang.

– Kolektibel
Ini adalah investasi dalam bentuk benda-benda koleksi seperti karya seni. Perlu diingat, bahwa nilai untuk barang kolektibel meskipun cenderung naik tapi tak terukur dan juga kendala likuiditas dimana sulit menjual kembali dan memperkirakan nilai jualnya.

– Pasar Berjangka
Pasar berjangka ini semula hanya diproduk komoditas, namun kemudian meluas ke pasar modal, pasar uang dan valas.

Reksa Dana
Reksa dana adalah wadah yang menhimpun dana dari para investor untuk kemudian dikelola oleh Manajer Investasi ke berbagai instrumen investasi.

Resiko Investasi

Hasil investasi yang didapat bisa saja tidak sesuai dengan harapan, bahkan bisa berlawanan dan menghasilkan kerugian, karena seseorang tidak dapat sepenuhnya mengelak dari resiko yang ditimbulkan oleh ketidak pastian.

Baca Juga  Bingung Memilih dan Menentukan Broker? Simak Acuan Memilih Broker Berikut

Kenali dahulu jenis investasi yang akan anda jalani. Semoga sukses!

Baca juga artikel ini: Ketahui 4 Jenis Reksadana ini Sebelum Investasi

REVIEW BROKER: Pruton Mega Berjangka

REVIEW BROKER: Pruton Mega Berjangka

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 4 Februari 2020