in

10 Tips Sebelum Memilih Broker Saham Online

tips memilih broker saham online
(C) shutterstock

Dahulu, transaksi antara para broker dan klien masih dilakukan dengan pembicaraan telepon. Namun sekarang dengan perkembangan teknologi Anda dapat melakukan transaksi via internet. Para investor dapat dengan mudah mengikuti perkembangan  harga saham secara online dan melakukan transaksi saham. Berikut ini adalah tips sebelum memilih broker saham online yang baik.

1. Jangan mengutamakan diskon

Fungsi utama dari broker bagi investor pemula adalah membangun kepercayaan dan membantu menambah pengetahuan tentang market. Pelayanan tersebut harus menjadi prioritas bagi Anda daripada memikirkan tentang tawaran diskon. Jika broker berhasil membentuk investor pemula menjadi terampil, maka investasi yang dilakukannya pun akan semakin besar dan “berani”.

2. Sistem yang bagus

Sistem yang baik milik perusahaan broker dapat menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan Anda. Cara untuk melakukan pengujian ini adalah dengan mengakses website perusahaan broker pada waktu yang berlainan pada saat jam-jam trading. Cermatilah kecepatan website tersebut untuk menerima data dan periksa beberapa link untuk lebih memastikan tidak ada masalah teknis pada sistem broker. Perusahaan broker saham terbaik Indonesia tentu sudah melakukan antisipasi untuk hal-hal yang bersifat teknis seperti ini demi kepuasan klien.

Baca Juga  Mudik Bisa Meningkatkan Rejeki Masyarakat Pedesaan? Kok Bisa?

3. Alternatif cara transaksi

Walaupun sistem online banyak menjadi favorit bagi para investor, tetapi cobalah mencari perusahaan broker online yang dapat melayani perintah transaksi saham dengan alternatif fax atau telepon. Biasanya dikenakan biaya yang berbeda untuk pelayanan alternatif transaksi non online ini.

4. Teliti latar belakang broker

Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan sebuah broker, akan lebih baik jika Anda menyelidiki terlebih dahulu latar belakang perusahaan broker saham online tersebut.  Bandingkan berbagai fasilitas yang ditawarkan perusahaan broker satu dengan lainnya untuk kenyamanan klien-kliennya seperti online trading, margin  trading, galeri saham, ruang relaksasi, private room, dan sebagainya.

5. Jangan mengutamakan harga murah

Jangan mengutamakan perusahaan broker yang menetapkan komisi  paling murah karena Anda akan mendapatkan pelayanan sesuai dengan harganya. Peringkat yang ditawarkan berbagai perusahaan broker sangat bervariasi, yaitu mulai dari 0,1 hingga 0,3% untuk setiap transaksi yang Anda lakukan.

6. Deposit minimum yang tidak minimal

Untuk membuka akun tentu diperlukan deposit dalam jumlah tertentu dan Anda harus mengetahui berapa besar deposit awal tersebut, karena jumlah tersebut belum tentu jumlah paling sedikit bagi beberapa orang.

Baca Juga  3 Pelajaran Kehidupan Bisnis dari Film Lion King

7. Seleksi produk

Beberapa orang telah memfokuskan investasinya hanya pada saham saat memutuskan bekerja sama dengan sebuah broker. Padahal sebenarnya masih ada produk investasi keuangan lainnya yang dapat Anda pilih seperti misalnya forex, obligasi, sertifikat emas dan perak, dan sebagainya.

8. Pertimbangkan jumlah customer service

Sangat penting mengetahui jumlah customer service pada perusahaan broker calon mitra Anda. Caranya, lakukan tes dengan cara menghubungi bantuan sebelum Anda membuka akun. Perhatikan berapa lama help desk dari perusahaan tersebut memberi respon. Perusahaan broker saham terbaik di Indonesia akan menyediakan customer service dalam jumlah yang memadai untuk melayani klien-klien mereka.

9. Bunga pada dana yang mengendap

Beberapa perusahaan broker saham memberikan bunga sebesar 3 hingga 5% untuk dana yang mengendap tetapi ada pula perusahaan yang tidak menyediakan fasilitas tersebut. Carilah informasi sejelas mungkin dengan menghubungi customer service perusahaan.

10. Tawaran ekstra

Jangan tergiur dengan berbagai penawaran ekstra untuk membuka akun dan prioritaskanlah kesuksesan Anda di masa mendatang yang lebih penting daripada fasilitas sesaat saja. Pada kenyataannya transaksi saham dapat dilakukan dengan sangat mudah kapanpun dan dimana pun  secara online oleh karena itu Anda harus membuat pilihan yang tepat bagi investasi Anda dengan bermitra dengan perusahaan broker saham terbaik

Baca Juga  Mau Bisnis Hewan Kurban, Begini Triknya untuk Pemula

Itulah 10 tips sebelum memilih broker saham online yang baik. Baca artikel 6 Broker Terbaik di Indonesia untuk menemukan broker pilihan Anda.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 7 Februari 2020

Daftar Alamat Kantor Broker di Jakarta

Daftar Alamat Kantor Broker di Jakarta