in

3 Faktor Penggerak Nilai Mata Uang EUR/USD

nilai mata uang EUR/USD

Dalam artikel 2 Teknik Trading Pasangan Mata Uang EUR/USD, dijelaskan bahwa nilai pasangan mata uang EUR/USD sangat sensitif terhadap data perekonomian Amerika Serikat. Oleh karena itu, jika terjadi perubahan indikator ekonomi Amerika Serikat yang mengejutkan atau di luar prediksi dan harapan para pelaku pasar, akan sangat berdampak pada mata uang Euro, terutama data-data mengenai pertumbuhan, tenaga kerja dan data mengenai pemulihan perekonomian Amerika Serikat.Lalu, apa saja faktor yang mempengaruhi nilai mata uang EUR/USD

1. Isu mata uang Euro sebagai cadangan devisa alternatif

Penggunakan mata uang Euro dalam upaya diversifikasi cadangan devisa beberapa negara, akan menguatkan nilainya terhadap US dollar.

2. Perubahan tingkat suku bunga

Jika ECB menaikkan tingkat suku bunganya, maka nilai Euro akan menguat. Sebaliknya, jika The Fed menaikkan tingkat suku bunga, nilai US dollar menguat maka akan berdampak langsung pada melemahnya nilai Euro.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Nilai Tukar Mata Uang

3. Neraca perdagangan

Karena negara-negara utama dalam zona Euro masuk dalam jajaran 10 besar eksportir dunia (data tahun 2011: Jerman no.3, Perancis dan Belanda no.5 dan 6, Italia no.8), dan juga termasuk dalam 10 besar importir dunia (data WTO 2011: Jerman no.3, Perancis no.5, Italia no.7, Belanda no.9), maka jika terjadi surplus atau defisit pada neraca perdagangan zona Euro akan sangat mempengaruhi nilai Euro.

Baca Juga  Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 20 Desember 2019

Selain itu, tentu saja data neraca perdagangan Amerika Serikat akan berdampak langsung pada nilai Euro.

Waktu Tepat Untuk Trading EUR/USD

Walaupun EUR/USD aktif diperdagangkan 24 jam, tetapi waktu yang paling efektif untuk trading mata uang ini adalah ketika jam kerja perbankan Eropa dan Amerika Serikat terjadi bersamaan (overlap) yaitu sekitar jam 7:00 EST hingga jam 11:00 EST.

Catatan: Waktu EST (Eastern Standard Time) = GMT – 5 jam = WIB – 12 jam (Nopember – Maret). Untuk Maret-Nopember WIB lebih cepat 1 jam, karena menerapkan DST (Daylight Saving Time). Bagi trader pasangan mata uang utama lainnya, EUR/USD bisa dijadikan tolok ukur yang menggambarkan keadaan perekonomian Amerika Serikat terhadap negara-negara lain.

Baca juga: Teknik Trading EUR/USD dengan Strategi London Breakout

Teknik Trading PAsangan mata uangEUR/USD dengan Strategi London Breakout

2 Teknik Trading Pasangan Mata Uang EUR/USD

Keuntungan Trading dengan Introducing Broker (IB)

Keuntungan Trading dengan Introducing Broker (IB)