in

5 Investasi Jangka Panjang Untuk Persiapan Pensiun

persiapan investasi pensiun
Photo by Matthew Bennett on Unsplash

Berinvestasi adalah hal yang harus dipersiapkan sejak dini. Ketika anda melakukan investasi, anda akan mempersiapkan keamanan ekonomi anda di masa depan. Selain itu investasi juga bisa menambahkan nilai mata uang di masa depan untuk menahan laju inflasi yang ada. Ketika anda melakukan investasi, anda bisa memilih antara investasi jangka pendek atau jangka panjang. Untuk investasi jangka panjang biasanya dilakukan dalam jangka waktu 5 tahun. Ketika anda melakukan investasi lebih awal, keuntungan yang didapatkan untuk investasi jangka panjang juga makin besar. Keuntungan yang didapatkan bisa digunakan untuk persiapan pensiun. Berikut adalah pilihan investasi yang bisa dilakukan untuk persiapan pensiun yang dilansir oleh koinworks.com.

5 Jenis Investasi Jangka Panjang buat Persiapan Pensiun

  1. Emas. Emas adalah salah satu investasi yang paling banyak diminati. Hal ini dikarenakan emas adalah investasi safe haven atau investasi dengan risiko yang cukup rendah. Selain itu emas juga memiliki nilai yang lebih stabil daripada investasi mata uang asing. Emas juga memiliki cara investasi yang cukup mudah.
  2. Properti. Sekarang ini, sudah cukup banyak investor yang mencoba berinvestasi di sektor properti. Hal ini dikarenakan investasi properti memiliki potensi keuntungan yang cukup besar. Akan tetapi banyak anak muda yang enggan melakukan investasi properti karena modal yang dibutuhkan cukup besar. Padahal anda bisa melakukan investasi properti melalui cara crowdfunding.
  3. Reksa Dana SahamReksa dana saham adalah salah satu investasi yang banyak dicari oleh kalangan muda. Selain itu investasi reksa dana juga lebih mudah dilakukan karena anda akan dibantu oleh Manajer Investasi (MI) untuk melakukan pemilihan saham yang cocok anda untuk anda. Akan tetapi anda harus lebih hati-hati karena investasi ini adalah investasi high risk high return.
  4. Tabungan berjangka. Walaupun tabungan ini tidak seramai tabungan biasa, tabungan ini memiliki keuntungan yang cukup menarik. Tabungan ini memiliki jangka waktu yang sudah di tentukan dan uang akan ditabungkan secara otomatis. Selain itu bunga yang ditawarkan juga lebih tinggi daripada tabungan jenis biasa.
  5. Saham Bluechip. Saham Bluechip adalah saham yang memiliki nilai yang bagus, yaitu di atas Rp40 triliun. Ketika anda melakukan investasi saham, anda akan mendapatkan keuntungan berupa dividen atau pembagian laba. Akan tetapi anda harus berhati-hati karena nilai saham cukup fluktuatif. Oleh karena itu, sebisa mungkin pahami fundamental dari saham tersebut.
Baca Juga  Bagaimana Kelanjutan Ratas Investasi dengan Jokowi?
Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19

Peluang Usaha Jual Buah-buahan di Tengah Pendemi Covid-19

Strategi investasi pemula

Strategi Investasi yang Pemula Harus Ingat