in

Harga Emas Dunia Merosot Akibat Greenback

Harga Emas Dunia Merosot Akibat Greenback
Picture by Michael Steinberg on Pexels

Pada beberapa hari kemarin, harga emas dinilai masih meningkat. Akan tetapi pada perdagangan hari ini, harga emas dunia merosot akibat greenback (dolar AS) yang mengalami penguatan.

Di perdagangan kemarin, Senin (20/4), harga emas di pasar spot berusaha untuk naik sebanyak 1 persen. Hal tersebut terjadi karena adanya harga minyak West Texas Intermediate (WIT) pengiriman bulan MEI yang merosot hingga zona negatif.

Analis Senior Broker OANDA Edward Moya menyatakan bahwa harga emas bisa meningkat akibat adanya stimulus moneter yang dikeluarkan The Fed. Selain itu harga minyak global yang makin merosot juga menjadi faktor yang mempengaruhi harga emas. Namun dari dua hal itu dapat dikatakan bahwa pemulihan ekonomi dunia dinilai masih panjang.

Banyak investor yang memperkiran bahwa harga emas akan terus meningkat, mengingat banyaknya faktor yang memberikan penguatan terhadap emas. Akan tetapi yang terjadi pada perdagangan hari ini malah sebaliknya.

Harga Emas Dunia Merosot Akibat Greenback

Pada pukul 09.35 WIB hari ini, Selasa (21/4), harga emas dunia pasar spot mengalami kemerosotan hingga 0,35 persen seperti yang dilansir dari CNBCIndonesia. Harga emas dunia dibanderol sebesar US$1.687,67 per troy ons. Merosotnya harga emas ini terjadi akibat menguatnya dolar AS terhadap mata uang lainnya di seluruh dunia.

Baca Juga  Harga Emas Anjlok ini Alasannya.

Mata uang negeri Paman Sam ini mengalami penguatan terhadap 6 mata uang asing acuan lainnya. Dolar As mengalami penguatan sebesar0,18 persen dan bertengger di level 100,132. Karena emas ditransaksikan dalam dolar, harga emas akan mengalami penurunan jika dolar AS mengalami penguatan terhadap mata uang asing lainnya.

Akan tetai banyak analis yang menyatakan bahwa harga emas pada tahun 2020 dan 2021 akan ada di posisi yang lebih rendah daripada harga tertingginya. Pada tahun ini harga emas diproyeksikan akan dibanderol seharga US$1.639 per troy ons. Seadngkan di tahun 2021, harga emas diproyeksikan akan dibanderol seharga US$1.655 per troy ons. Harga ini adalah harga perkiraan, jadi kemungkinan untuk naik lagi masih ada.

harga kurs Rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 21 April 2020

Bursa Asia Menangis Efek Harga Minyak Dunia

Bursa Asia Menangis Efek Harga Minyak Dunia