in

Perusahaan Startup, Ini 5 Cara Mendapatkan Investor

Mendapatkan investor ketika memulai usaha baru adalah salah satu faktor penting agar proses pengembangan usaha lebih lancar. Tapi mendapatkan investor tidaklah mudah. Anda harus bisa menyakinkan para investor sehingga mempercayakan sejumlah dana tersebut diinvestasikan pada perusahaan startup Anda. Ada beberapa kiat ampuh yang bisa Anda coba untuk mendapatkan investor. Simak 5 cara mendapatkan investor pada artikel ini.

1. Perluas networking, dengan menghadiri banyak acara

Langkah utama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperluas networking Anda. Salah satu caranya adalah dengan menghadiri banyak acara.

Dengan begitu Anda pun akan berkesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang baru yang berpeluang untuk menjadi investor baru Anda.

2. Kompetisi startup

Berkembangnya industri kreatif, membuat banyaknya kompetisi startup yang diadakan. Untuk mendapatkan perhatian dari para investor, Anda bisa mencoba cara dengan mengikuti kompetisi-kompetisi yang diselenggarakan tersebut.

Beberapa kompetisi pun sudah membagikan sejumlah dana kepada beberapa perusahaan startup yang berhasil masuk ke dalam babak yang lebih tinggi, sebagai dana sementara.

Baca Juga  Rekomendasi Situs Transaksi Emas Online Terpercaya (Part 2)

Selain itu pun ajang ini bisa menjadi jalan untuk Anda mendapatkan saran-saran dan arahan dari para pebisnis andal. Sebuah kesempatan emas, bukan?

3. Maksimalkan media sosial

Media sosial kini menjadi pintu bagi banyak usaha. Kemudahan akses menjadi salah satu keunggulannya. Perusahaan Anda pun bisa mendapatkan awareness dengan cara yang lebih efektif dan waktu yang lebih efisien.

Selain itu, media sosial juga bisa menjadi perantara bagi Anda dan para calon investor. Anda bisa bertemu dengan para investor tersebut melalui media sosial. Maksimalnya pemanfaatan media sosial bagi usaha Anda juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan para investor.

Maka dari itu mulai bergerak untuk mengunggah posting secara rutin. Jika Anda bisa berkolaborasi dengan para influencer, cara tersebut akan lebih baik lagi.

4. Menjadi anggota dari komunitas startup

Semakin banyaknya perusahaan startup, berbagai komunitas pun bermunculan. Cara selanjutnya adalah dengan menjadi anggota dari komunitas startup tersebut.

Selain bisa menambah kenalan profesional, menjadi anggota komunitas startup juga bisa menjadi jalan Anda untuk menemukan investor.

Baca Juga  Crowdfunding – Mengenal Cara Menghimpun Modal Usaha di Era Digital

Kini banyak komunitas tersebut yang membuat acara meet up, perusahaan baru dengan para investor. Anda bisa manfaatkan kesempatan tersebut.

Baca juga: 4 RISIKO BISNIS ONLINE YANG PATUT ANDA KETAHUI

5. Membuat blog

Blog mungkin sudah tak sepopuler terdahulu sejak maraknya penggunaan media sosial. Tapi cara ini pun tak boleh Anda lewatkan. Content marketing melalui blog bisa menjadi salah satu cara untuk memasarkan perusahaan baru dengan bujet yang lebih minim atau bahkan gratis.

Content marketing memang kini mulai kembali banyak diminati karena memang tak memerlukan biaya khusu seperti pemasangan ads pada Facebook dan Instagram.

Meskipun jarang investor profesional yang datang ke blog, tapi setidaknya Anda bisa mendapatkan para investor amatir yang sedang mencari perusahaan baru untuk berinvestasi. Tak ada salahnya untuk mencoba, bukan?

Tinggalkan Balasan

Kenalan dengan Utang Produktif yuk,!

Pengaturan Finansial Jadi Kunci Hidup Bahagia di Masa Tua, Sudahkah Anda Pikirkan?