in

Tips Mengatasi Masalah Dana Pendidikan

Salah satu permasalahan pendidikan di Indonesia adalah mahalnya biaya yang harus dikeluarkan. Hampir tiap tahun biaya pendidikan di Indonesia naik sekitar 15%-20%. Hal ini Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Untuk mengatasi masalah biaya pendidikan di Indonesia yang terus naik, sebenarnya ada tips yang bisa anda lakukan sehingga masalah itu tidak terus menghantui.

Inilah tips mengatasi masalah biaya pendidikan di Indonesia yang terus naik:

1. Siapkan dana mulai awal

Mulailah menyiapkan dana pendidikan buah hati mulai dari sekarang. Namun sebelum itu, ada baiknya anda memperkirakan lebih dahulu berapa dana pendidikan yang dibutuhkan sampai anak masuk perguruan tinggi.

Bahkan sebaiknya merencanakan biaya pendidikan anak dimulai sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan. Rencana pendidikan anak akan sangat berpengaruh pada biaya yang akan anda keluarkan

Jika anda memiliki buah hati berumur 5 tahun, maka anda harus menyiapkan dana pendidikan usia dini sekitar 2 tahun, sekolah dasar 6 tahun, sekolah menengah (SMP dan SMA) 6 tahun, lalu perguruan tinggi 4 tahun sampai 5 tahun.

Baca Juga  Awas! Ada Banyak Investasi Bodong, Simak Cara Cerdas Menghindarinya!

[nextpage]

2. Siapkan investasi

Semakin tinggi tingkat pendidikan, maka biaya yang perlu disiapkan juga semakin banyak. Namun, jangan semua dana pendidikan untuk anak anda masukkan untuk jangka panjang. Anda harus memiliki dana pendidikan jangka pendek, sebab biaya pendidikan dilakukan berjenjang.

Dana pendidikan jangka pendek dibutuhkan jika pendidikan akan dimulai kurang dari 3 tahun lagi. Untuk jangka pendek, deposito dapat menjadi solusi persiapan dana pendidikan. Sedangkan perencanaan biaya pendidikan jangka panjang untuk waktu lebih dari 3 tahun.

Untuk itu kamu membutuhkan portofolio investasi yang berorientasi jangka panjang, seperti reksa dana.

[nextpage]

3. Hitung kebutuhan dana pendidikan anak

Untuk mengetahui kebutuhan dana pendidikan anak dengan benar, anda perlu melakukan perencanaan bakal dimanakah anak anda akan bersekolah di kemudian hari.

Jika memutuskan anak sekolah negeri, maka biayanya jauh lebih murah karena sekolah SD hingga SMP digratiskan oleh pemerintah.

Berbeda jika merencanakan anak masuk sekolah swasta favorit atau mengemyam pendidikan ke luar negeri.

Anda juga harus merencanakan pada usia berapa anak mulai sekolah. Semakin muda anak disekolahkan, harus semakin awal pula harus tabungan dan anggaran disiapkan

Baca Juga  3 Jenis Bisnis Waralaba Makanan Jepang yang ada di Indonesia

Untuk mengetahui biaya pendidikan, lakukan survei sekolah yang diidamkan. Anda juga perlu melakukan riset dengan melihat web sekolah incaran.  bandingkan biaya, fasilitas, dan kurikulum yang ditawarkan.

Jangan lupakan juga jarak dari rumah ke sekolah. Karena semakin jauh jarak dari sekolah ke rumah maka biaya yang harus kamu tanggung juga semakin besar.[nextpage]

4. Sisihkan dana secara rutin setiap bulan

Biasanya beban biaya pendidikan akan terasa berat saat ajaran baru dimulai. Agar biaya pendidikan tidak mengerogoti kesehatan keuangan, maka anda harus menyisihkan sejumlah uang sebagai dana pendidikan setiap bulan.

[nextpage]

5. Kurangi risiko dengan melakukan diversifikasi investasi

Jangan letakkan investasi pendidikan dalam satu portofolio saja. Sebab investasi mengandung risiko. Karena jika anda hanya memilih satu portofolio investasi, maka bisa jadi risiko yang ditanggung menjadi lebih besar.

Nah, jika kemudian dana investasi yang kamu persiapkan buat dana pendidikan menurun, maka target yang kamu tetapkan akan melesat.

Jika kamu memilih tabungan pendidikan, risiko memang kecil, namun imbal hasil yang bakal kamu dapat juga kecil. Berinvestasi pada saham mampu menghasilkan keuntungan yang tinggi, tetapi juga mempunyai risiko yang besar juga.

Baca Juga  Awas! Ini Kesalahan Umum Dalam Memilih Tempat Usaha (Part 2)

Jadi pelajari setiap jenis investasi dengan benar, kalau perlu konsultasikan dengan seorang perencana keuangan atau manajer investasi professional. Yuk mulai dari sekarang!

Tinggalkan Balasan

16 Fitur di Instagram yang Harus Anda Ketahui

5 Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Dan Terbesar Ini Ada Di Indonesia