in

Paling Populer, Kenali 5 Jenis Cryptocurrency Berikut Ini

(Foto: Pexels)

Cryptocurrency atau yang lebih dikenal sebagai mata uang digital merupakan salah satu inovasi terkini yang masih dalam proses pengembangan. Bitcoin memang menjadi salah satu pelopor dan menjadi mata uang digital yang paling populer. Tapi selain itu ternyata mata uang digital tersebut memiliki bebeerapa jenis lainnya. Apa saja jenisnya? Mari kenali 5 jenis Cryptocurrency paling populer di sini!

1. Bitcoin

Tentu istilah ini sudah sering Anda dengar. Karena memang Bitcoin menjadi mata uang digital pertama yang dihadirkan. Jika dibandingkan dengan jenis lain, Bitcoin memiliki kapitalisasi pasar terbesar, mencapai 16,7 milliar USD.

Padahal Bitcoin menggunakan algoritma yang diperkirakan bisa menghasilkan 21 milliar Bitcoin sampai tahun 2124. Ternyata perkembangannya lebih pesat dari yang diramalkan.

Ketahui cara menggunakan bitcoin untuk pemula, di sini. 

2. Ether

Mata uang digital yang satu ini baru diluncurkan tahun 2015 lalu. Ether adalah Cryptocurreny untuk platform desentralisasi yang dapat mengeksekusi peer-to-peer “smart contact”.

Pada Ether, memungkinkan orang untuk melakukan pengkodean dan memberlakukan kontrak tanpa pihak ketiga. Dibandingkan dengan Bitcoin, kapitalisasi Ether masih jauh di bawah yaitu berkisar 3 milliar USD.

Baca Juga  5 Kesalahan yang Harus Dihindari oleh Trader Kripto

3. Ripple

Ripple Network pertama kali membuat Ripple untuk membuat transaksi yang aman, cepat, dan mudah. Tapi akhirnya diubah menjadi open source oleh sang pemilik. Pada dasarnya Ripple adalah pertukaran mata uang dan jaringan pengiriman uang.

Proyek arahan Ripple Network ini pun kini sudah didistribusikan ke beberapa bank dan jaringan pembayaran untuk mengurangi biaya yang ada. Untuk kapitalisasi, Ripple sudah mencapai 1 milliar USD sampai saat ini.

4. Litecoin

Hampir mirip dengan Bitcoin, Litecoin memang diciptakan sebagai alternatif lain dari Bitcoin. Litecoin juga memiliki keunggulan. Jika dibandingkan dengan Bitcoin, Litecoin mampu menghasilkan blok dalam kurun waktu 2,5 menit saja. Lebih cepat dibandingkan Bitcoin yang memerlukan waktu hingga 10 menit.

Sayangnya terjadi penurunan kapitalisasi. Ketika pertama kali dibuat pada tahun 2013, kapitalisasi Litecoin mencapai 1,2 milliar USD. Kini kapitalisasi Litecoin hanya mencapai 500 juta saja.

5. Dash

Dash berasal dari singkatan digital cash. Pada awalnya Dash memiliki nama Darkcoin, tapi dirubah karena terus dikaitkan dengan “dark web”. Mata uang digital ini memfokuskan pada privasi dan kecepatan transaksi. Diperkirakan Dash memiliki kapitalisasi mencapai 400 juta USD.

Baca Juga  eToro Meluncurkan Perdagangan Cryptocurrency di 31 Amerika Serikat

Baca juga: Mengenal Lebih Dalam Cryptocurrency, Mata Uang Digital

Tinggalkan Balasan

Memulai bisnis online

3 Hal yang Wajib diketahui sebelum Memulai Bisnis Online

 KAI tambahkan 50 Kereta Mudik, Berikut Tips Berburu Tiketnya.