in

4 Kelebihan Menabung di Bank Syariah

menabung di bank syariah

Dewasa ini, di Indonesia mulai berkembang industri perbankan syariah. Produk perbankan yang ditawarkan pun tidak jauh berbeda dengan perbankan konvensional atau bank pada umumnya. Tabungan syariah sendiri mungkin cukup jarang dilirik karena belum umum diketahui oleh masyarakat jika dibandingkan dengan tabungan konvensional.

Tahukah Anda jika tabungan syariah ini ternyata punya banyak keuntungan? Bukan hanya alasan agama saja, produk syariah juga memiliki keuntungan finansial untuk para nasabahnya. Pada tahun 2018, kontribusi perbankan syariah di Indonesia belum mencapai 10%. Padahal seperti yang kita ketahui, mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim.

Salah satu alasan mengapa tabungan ini belum cukup populer di mata masyarakat adalah karena masih banyak orang yang menganggap tabungan tersebut hanya untuk menunaikan ibadah saja. Cukup banyak yang belum tahu kelebihan tabungan syariah dibandingkan dengan tabungan konvensional.

Supaya Anda lebih mengenal tabungan syariah, berikut 4 kelebihan tabungan syariah yang perlu Anda ketahui:

1. Bebas biaya administrasi

Pada tabungan konvensional, fasilitas bebas biaya administrasi hanya diberlakukan pada produk tabungan tertentu dengan persyaratan khusus untuk bisa menikmati fasilitas tersebut. Salah satunya adalah minimum saldo pada tabungan yang dimiliki.

Baca Juga  Waspada! Banyak Pencurian Uang Lewat Rekening Bank

Tabungan dengan akad syariah tidak memberlakukan hal tersebut. Fasilitas bebas biaya administrasi disediakan untuk semua kalangan nasabah. Bukan hanya yang memiliki jumlah tabungan yang ‘tebal’ yang bisa menabung tanpa potongan. Dalam tabungan syariah, produk tabungan dibuat berdasarkan akad simpanan atau titipan, bukan untuk mendapatkan bunga.

2. Terdapat produk khusus yang tidak terdapat pada bank konvensional

Bank konvensional biasanya tidak memiliki tabungan haji, tabungan kurban maupun tabungan wakaf. Mengapa demikian? Karena dalam aturan Islam, peraturan tentang produk-produk tersebut harus disediakan oleh bank syariah, bukan konvensional.

3. Sistem bagi hasil bukan bunga

Dalam tabungan syariah, Anda tidak akan menemukan istilah bunga. Bank syariah menerapkan sistem bagi hasil, bukan bunga. Dengan sistem ini, perhitungan bagi hasil yang akan didapatkan oleh nasabah ditentukan oleh pendapatan bank. Sementara pada sistem bunga, biasanya ditetapkan berdasarkan kebutuhan dana bank.

4. Akad sesuai dengan syariat Islam

Poin yang paling penting dalam kelebihan menabung di bank syariah adalah akad yang digunakan. Akad ini pula yang menjadi pembeda antara tabungan konvensional dengan syariah. Akad yang digunakan pun cukup beragam. Anda bisa memilih akad sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga  Kenali Tantangan Jika Ingin Menabung di Celengan

Terdapat dua jenis akad yang sering digunakan dalam tabungan syariah:

Akad Mudharabah, yaitu sebuah akad dimana nasabah yang menabung di bank syariah memiliki tujuan agar uangnya dikelola oleh pihak bank. Keuntungan yang dihasilkan dari pengelolaan uang tersebut akan dibagi kepada nasabah dan bank sesuai porsi yang telah disepakati.

Akad Mudharabah sendiri memiliki dua jenis, yaitu mudharabah mutlaqah dan mudharabah muqayyadah. Yang pertama, nasabah memberikan izin kepada bank untuk mengelola uangnya di industri yang dijalankan sesuai dengan prinsip syariah.  Dan yang kedua, nasabah bisa memilih sendiri tempat, cara dan obyek investasi yang diinginkan, namun risiko ditanggung nasabah sendiri.

Akad Wadiah, tabungan dengan akad wadiah ini merupakan tabungan yangbertujuan untuk menyimpan dana saja. Karena wadiah sendiri memiliki arti ‘titipan’, sehingga nasabah tidak akan mendapatkan bagii hasil. Terdapat beberapa bank syariah yang memberikan bonus kepada nasabah tabungan wadiah yang besarannya sesuai keuntungan yang diperoleh bank. Kelebihan dari akad ini adalah nasabah tidak diberi beban biaya administrasi.

Baca Juga  Berikut Tanda Bahwa Anda Adalah Orang Sukses! (Part 2)

Dari prinsip yang diterapkan pada tabungan syariah ini, nasabah dan bank akan dituntut untuk transparan sejak awal. Baik dari akad, hak dan kewajiban, margin bagi hasil dan sebagainya akan disampaikan di awal. Inilah yang menjadi pembeda antara menabung di bank syariah dan konvensional.

Bagaimana, sobat Pikiran Trader tertarik untuk membuka tabungan di bank syariah?

Baca juga Intip Yuk Tips Nabung Ala Miliader, Finansial Aman Seketika

Tinggalkan Balasan

Pentingnya pengetahuan finansial untuk anak

Pentingnya Pengetahuan Finansial untuk Anak, Berikut Cara Mengajarkannya

Simple Trading System, tapi Membawa Banyak Untung