in

5 Produk Tabungan Yang Populer Di Indonesia

Produk Tabungan

Menabung merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan keuangan Anda dan untuk berjaga-jaga. Di Indonesia sendiri, jenis produk tabungan sangat beragam baik yang konvensional maupun syariah. Hal ini tentu sangat membantu para nasabah untuk bisa leluasa memilih produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan.

Karena tabungan ini sangat berkaitan dengan keuangan Anda, maka Anda pun harus teliti dn berhati-hati dalam memilih produk tabungan mana yang sesuai untuk Anda. Berikt lima produk tabungan yang populer di Indonesia.

1. Tabungan Konvensional

Hampir semua masyarakat Indonesia sepertinya memiliki jenis tabungan ini. Pasalnya dana yang tersimpan di tabungan konvensional bisa diambil kapanpun dan dimanapun. Para nasabah juga akan mendapatkan nomor rekening dan kartu ATM jika diperlukan.

Seperti yang anda ketahui kartu ATM dapat digunakan untuk berbagai transaksi seperti tarikan tunai, transfer dana, maupun transaksi belanja. Guna mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi, bank juga memiliki layanan internet banking dan mobile banking. Bagi Anda yang memiliki jenis tabungan ini akan mendapatkan bunga yang berkisar antara 0,5 hingga 2 persen tergantung dari kebijakan masing-masing bank. Meski begitu nasabah juga akan dikenakan biaya administrasi yang jumlahnya akan disesuaikan dengan tipe kartu seperti silver, gold dan sebagainya. Tabungan konvensional ini juga sudah dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan). Jadi Anda tidak perlu khawatir uang Anda hilang saat bank tempat menabung bangkrut seperti yang terjadi pada krisis moneter tahun 1998.

Baca Juga  Pentingnya Pengetahuan Finansial untuk Anak, Berikut Cara Mengajarkannya

2. Tabungan Investasi Deposito

Saat ini banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang-orang untuk mengumpulkan kekayaan salah satunya adalah dengan melakukan investasi. Tabungan investasi deposito menjadi salah satu produk tabungan yang banyak dipilih orang terutama untuk mereka yang belum mengerti investasi namun ingin berinvestasi. Selain memiliki jangka waktu penyimpanan yang ditentukan, suku bunga yang ditawarkan deposito juga relatif lebih tinggi dibanding dengan tabungan biasa. Namun dengan tabungan ini Anda tidak bisa mengambil sebelum masa yang ditentukan.

3. Tabungan Berjangka

Tabungan berjangka juga menjadi salah satu jenis tabungan yang kini mulai diminati banyak orang. Terutama bagi mereka yang ingin membeli barang dan memerlukan dana yang cukup besar dalam beberapa waktu kedepan. Misalnya Anda ingin jalan-jalan ke luar negeri dalam jangka waktu tertentu maka anda bisa memilih untuk membuka tabungan berjangka agar lebih disiplin dalam menabung. Selain itu Anda juga tidak perlu repot-repot mentransfer dana karena bank akan menarik dana secara otomatis dari rekening tabungan induk di tanggal yang sudah ditetapkan (auto debet).

Baca Juga  Bunga Deposito Bank Hingga 7,2%  Per 30 Agustus 2019

Produk tabungan ini juga memiliki fasilitas asuransi jiwa seperti salah satunya pada bank BCA. Bank BCA memberikan asuransi jiwa dengan pertanggungan maksimal Rp750 juta jika nasabah meninggal karena kecelakaan dan menjadi nasabah Tabungan Berjangka kurang dari 1 tahun. Bagi nasabah yang lebih dari 1 tahun, mendapatkan pertanggungan maksimal Rp750 juta jika nasabah meninggal karena sakit dan Rp1,5 milyar untuk nasabah yang meninggal karena kecelakaan.

Salah satu syarat memiliki tabungan berjangka adalah nasabah harus memiliki tabungan konvensional terlebih dahulu untuk menjadi tabungan induk. Misalnya Anda ingin membuka tabungan berjangka di Bank BCA maka anda harus memiliki tabungan Tahapan, Tahapan Gold, Tapres BCA maupun Tahapan Xpresi.

4. TabunganKu

Salah satu keunggulan produk TabunganKu yaitu setoran awal yang sangat rendah sebesar Rp20.000 dan juga bebas biaya administrasi. Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk membuka tabungan yang satu ini. Selain itu Bank Indonesia juga mengatakan bahwa TabunganKu ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya menabung masyarakat Indonesia dan dapat menjangkau masyarakat yang belum memiliki tabungan di bank.

Keunggulan lainnya dari TabunganKu ini adalah nasabah tetap mendapatkan bunga yaitu sekitar 0,25% untuk saldo antara Rp500.000 sampai Rp1 juta dan 1% jika saldo di atas Rp1 juta.

Baca Juga  Bingung Memilih dan Menentukan Broker? Simak Acuan Memilih Broker Berikut

5. Tabungan Anak

Mengajari anak untuk menabung sejak dini merupakan hal yang sangat penting. Jenis produk tabungan yang satu ini bertujuan untuk mendidik anak agar mau menabung demi masa depan. Hal ini tentu saja bisa mencegah sifat boros yang nantinya akan menjadi bumerang untuk dirinya sendiri salah satunya adalah terlilit hutang. Karena itu beberapa bank kini menyediakan tabungan khusus untuk anak-anak dengan tampilan yang sangat menarik mulai dari buku tabungan dan ATM. Hal ini tentunya akan membuat mereka lebih senang dan bersemangat untuk menabung.

Salah satu produk tabungan anak adalah tabungan Junio dari Bank Rakyat Indonesia (BRI). Selain setoran awal relatif kecil yaitu mulai Rp100.000 nasabah juga akan di berikan asuransi kecelakaan diri sebesar 250% dari saldo terakhir atau maksimal Rp150 juta dengan syarat saldo minimum nasabah adalah Rp500.000.

Nah itulah tadi lima jenis produk tabungan yang bisa Anda pilih untuk menyimpan dana Anda. Pilihlah produk tabungan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga Intip Yuk Tips Nabung Ala Miliader, Finansial Aman Seketika

Tinggalkan Balasan

Buku seputar bisnis

Bercita – cita Sukses? Pelajari 7 Buku Bisnis ini

BNI Targetkan Rekening baru

2019 BNI Targetkan Rekening Baru Naik 2 Kali Lipat