in

Ini 5 Keuntungan Investasi Berlian, Mau Coba?

(Foto: Pixabay)

Investasi mungkin lebih identik dengan emas perhiasan, atau logam mulia. Tapi selain itu, Anda juga bisa berinvestasi melalui pembelian berlian. Banyak pasangan muda di China yang justru lebih memilih investasi berlian dibandingkan emas. Memang investasi berlian, belum terlalu populer jika dibandingkan.

Walaupun begitu investasi berlian memiliki beberapa keuntungan yang mungkin bisa membuat Anda lebih tertarik dan ingin mencoba untuk berinvestasi. Apa sajakah keuntungan tersebut? Simak 5 keuntungan investasi berlian di sini.

1. Jangka waktu yang panjang

Emas dan berlian sama-sama memiliki jangka waktu yang panjang. Dan biasanya memang yang namanya investasi akan terasa hasilnya dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Walaupun berlian tidak memiliki harga sefluktuatif emas, tapi harga berlian tidak terikat apapun dengan ketentuan pemerintah. Hal ini yang membuat harga berlian tidak akan tergoncang meskipun keadaan ekonomi sedang tidak baik. Nilai berlian selalu akan bertahan dan tidak mengalami penuruan.

Selain itu pun berlian memiliki karakter yang kuat dan tidak mudah rusak. Jika dibandingkan dengan investasi barang mewah lainnya, seperti mobil atau apartemen, keduanya memiliki usia. Dimana jika usia sudah tak lagi muda, tentunya harga pun akan menurun.

Baca Juga  Mengetahui Saham Preferen dan Cara Menghitungnya

2. Harga yang diperkirakan terus menanjak

Harga emas diperkirakan akan terus menanjak, hal ini dikarenakan permintaan dan penawaran dari berlian tersebut tidaklah seimbang. Seperti hukum ekonomi, dimana jika permintaan bertambah namun penawaran berkurang pasti akan terjadi peningkatan harga.

Diperhatikan dari tahun ke tahun, pasokan berlian ke pasar semakin berkurang. Karena memang, penambangan berlian memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan belum bisa mengimbangi permintaan pasar. Karena hal tersebut, harga berlian diperkirakan akan terus meningkat untuk beberapa tahun ke depan.

Agar tak salah saat membeli, ketahui 10 ciri berlian asli, di sini.

3. Anonimitas

Proses investasi berlian mungkin menjadi salah satu proses yang paling mudah. Jika dibandingkan saat berinvestasi reksadana, saham, obligasi, atau bentuk investasi lainnya, Anda akan direpotkan dengan berbagai persyaratan yang harus Anda siapkan. Selain itu Anda pun harus mencantumkan nama Anda sebagai investor.

Pada investasi berlian, Anda tidak dibutuhkan untuk melakukan pendaftaran khusus pada umumnya. Investasi yang satu ini memiliki sifat yang anonim. Tidak ada persyaratan khusus yang mengharuskan Anda untuk tercantum pada surat kepemilikan.

Baca Juga  Pandemik Corona, USD/JPY Disarankan Sell

4. Memiliki berbagai fungsi

Tak hanya sebagai investasi jangka panjang, berlian juga memiliki berbagai fungsi lainnya. Sama seperti emas, berlian juga bisa berfungsi sebagai mata uang pengganti. Salah satu keunggulan berlian adalah, nilainya hampir setara di seluruh bagian dunia manapun.

Selain itu tentu saja, berlian bisa berfungsi sebagai perhiasan yang akan mempercantik penampilan. Mengenakan perhiasan berlian juga tentu saja bisa menaikkan status sosial Anda.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menabung Dana Darurat

5. Bisa dijadikan warisan

Dinilai dari berbagai karakteristiknya yang mampu bertahan lama, tentu saja berlian menjadi salah satu investasi yang bisa dijadikan warisan, selain emas dan properti. Orang tua bisanya memberikan warisan kepada anak dan cucunya berupa barang yang bisa dijadikan pegangan hidup.

Berlian juga menyimpan nilai yang emosional, sehingga sangat cocok sekali untuk dijadikan hadiah turun menurun. Berlian pun tak membutuhkan perawatan khusus yang bisa menguras kantong. Kualitas dari berlian itu sendiri mampu bertahan hingga berpuluh-puluh tahun ke depan.

Baca Juga  Ketika Pasar Saham Bergejolak

Tinggalkan Balasan

Bagaimana Cara Memulai Perdagangan Saham

sukses pada pekerjaan pertama

10 Tips Sukses di Pekerjaan Pertama