in ,

4 Alokasi Tepat Pengeluaran Dana THR

Alokasi Dana THR

Tunjangan Hari Raya (THR) adalah komponen penghasilan tahunan yang Anda terima satu kali dalam setahun. Bagi anda yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tentu sudah menerima THR. Sedangkan bagi anda yang merupakan pegawai swasta, sudahkah THR anda terima?

Untuk mengantisipasi alokasi dana THR yang kerap tidak tepat sehingga tidak memberikan manfaat yang maksimal bagi Anda, berikut kami berikan referensi yang bisa Anda lakukan untuk memanfaatkan dana THR Anda dengan tepat dan maksimal.

1. Untuk memenuhi kebutuhan lebaran

THR yang diberikan smenjelang lebaran ini hadir saat Anda memiliki banyak kebutuhan yang berkaitan dengan momen tersebut. Tidak ada salahnya menggunakan THR Anda untuk memenuhi semua kebutuhan Lebaran nanti.

Selama Anda menempatkan porsi yang tepat untuk semua kebutuhan tersebut. Hal ini juga akan membantu Anda untuk tetap bisa memenuhi semua kebutuhan rutin bulanan dengan baik. Sebab gaji bulanan Anda akan tetap utuh dan bisa digunakan untuk kepentingan tersebut.

Berikut ini adalah beberapa biaya yang harus Anda persiapkan saat menjelang momen Lebaran.

  • Bayarkan Zakat Anda
Baca Juga  Bagaimana Cara Bangkit Setelah Mengalami Kerugian saat Trading? (Part 2)

Momen Lebaran akan menjadi waktu tepat di mana Anda membayar zakat Ramadhan. Dana ini bisa saja Anda alokasikan dari dana THR agar gaji bulanan Anda tetap utuh dan bisa memenuhi semua kebutuhan rutin. Alokasikan sejumlah dana dana THR Anda yang jumlahnya sesuai dengan zakat Anda.

  • Dana Persiapan Lebaran

Pada momen istimewa nanti, Anda dan keluarga tentu akan memiliki banyak kebutuhan tambahan, seperti sajian hari Lebaran, pakaian, bonus bagi ART (jika ada), dana mudik, dan yang lainnya. Semua kebutuhan ini bisa Anda penuhi dari THR. Tentu saja jumlahnya juga masuk akal.

Upayakanlah untuk hanya menggunakan maksimal 60% saja dari dana THR Anda untuk semua kebutuhan di atas. Dengan begitu, Anda masih memiliki sejumlah dana yang bisa dialokasikan untuk kepentingan lainnya.

2. Alokasikan sebagai Dana Pelunasan Utang

Jika Anda memiliki utang/cicilan yang jumlahnya masih cukup besar dan menjadi beban dalam keuangan, segera alokasikan dana THR untuk membayarnya. Meski tidak bisa melunasinya sekaligus, dana ini setidaknya akan mengurangi jumlahnya dengan cukup banyak.

Baca Juga  8 Dosa Saat Trading Ini Bikin Dana Ludes!

Mengingat ada 40% dari THR Anda yang bisa dialokasikan untuk kebutuhan tersebut. Pelunasan utang bisa Anda jadikan salah satu prioritas dalam alokasi THR. Sebab tindakan ini akan berdampak besar dan positif dalam keuangan Anda, terutama jika utang Anda dikenakan sejumlah bunga.

Baca juga: Kenalan dengan Utang Produktif yuk,!

3. Alokasikan untuk dana darurat

Anda juga harus memiliki sejumlah dana darurat dalam keuangan. Dana ini sangat penting untuk dimiliki, terutama bagi Anda yang telah memiliki tanggungan (menikah).

Setidaknya, Anda harus memiliki dana darurat sebesar 6-12 kali kebutuhan rutin bulanan Anda. Jika Anda belum mengumpulkan dana ini, alokasikan sisa dana THR Anda untuk kebutuhan yang satu ini.

Baca juga: 4 Cara Mudah Menabung Dana Darurat

4. Investasikan

Dana THR juga bisa Anda alokasikan sebagai modal awal investasi. Setidaknya, sisakanlah 10-20% THR Anda untuk kebutuhan ini. Investasi akan memiliki peran yang sangat penting dalam keuangan Anda pada masa yang akan datang. Jadi, jangan pernah melupakan kegiatan ini dalam keuangan.

Baca Juga  Kenalan dengan Speaker FLS 2020, Mario Singh

Baca juga: Punya Modal Kecil? Coba 4 Aplikasi Investasi Ini, Yuk!

 

Tinggalkan Balasan

pasar Forex memiliki pengawasan yang tepat dari berbagai badan pengatur di seluruh dunia

8 Hal yang Harus Disiapkan Trader Sebelum Trading

Kiat-kiat sukses Anthony Tan, pendiri Grab

Yuk! Simak Kiat-kiat Sukses Anthony Tan, Pendiri Grab