in ,

Mudik Bisa Meningkatkan Rejeki Masyarakat Pedesaan? Kok Bisa?

Mudik meningkatkan pendapatan daerah

Libur lebaran semakin dekat, euforia bermudik ria semakin terasa. Hari raya Idul Fitri merupakan momen-momen yang ditunggu setiap Muslim untuk bersilaturahmi  dengan keluarga di kampung halaman. Selain itu, mudik memberikan hikmah yang mendalam bagi masyarakat pedesaan. Terkhusus daerah tujuan pemudik dan jalur perjalanannya, karena bisa meningkatkan pendapatan mereka.

Dilansir dari IDNTimes, Kamrusammad sebagai Founder KAHMIPreneur menjelaskan bahwa hikmah dibalik momen mudik Idul Fitri. Intinya, pulang kampung dapat menggerakkan pendapatan masyarakat yang ada di desa, karena yang biasanya terkumpul di perkotaan akan bergeser ke daerah-daerah. Lalu, bagaimana mudik bisa membantu perekonomian masyarakat pedesaan? Simak ulasan berikut!

Baca juga: Menpar: Mudik Jadi Ajang Pemerataan Ekonomi Warga Daerah

1. Mudik Meningkatkan pendapatan daerah

Pada tahun 2018, pemudik mengalami peningkatan sekitar 21,6 juta orang lebih banyak dari tahun 2017.Pada tahun 2019, anngka tersebut mengalami peningkatan lagi sebanyak 23 juta orang.

Redistribusi pendapatan hasil pemudik pun juga pasti meningkat dari tahun sebelumnya, pada tahun ini bisa mencapai 200 triliun. Dana itu mengalir dari pembayaran zakat, transportasi, konsumsi, belanja dan mengunjungi pariwisata, dan yang lainnya.

Baca Juga  Wajib Simak 8 Kesalahan dalam Membuat Rencana Dana Pensiun (Part 1)

2. Mudik mampu mentransferkan pengetahuan kepada penduduk desa

Dilansir dari IDNTimes, di dalam kegiatan pulang kampung terdapat proses transfer pengetahuan dari kaum urban kepada masyarakat pedesaan. Lingkungan penduduk kota yang cenderung penuh persaingan tinggi diharapkan mampu ditularkan ke masyarakat desa. Mereka bisa diajarkan mengenai semangat kerja, etos kerja, serta jiwa entrepreneur kepada penduduk daerah.

Pemudik harus lebih ditingkatkan lagi kesadarannya untuk menumbuhkan investasi di kampung halaman masing-masing. Investasi tersebut digunakan sebagai dana yang dibawa ke desa untuk kegiatan-kegiatan produktif di sektor UMKM, industri rumahan, peternakan, dan lainnya.

Diharapkan dengan meningkatnya investasi, maka pulang kampung bisa menjadi sarana pengembangan potensi riil perekonomian lokal. Sehingga perekonomian di desa pun membaik. Dan bisa jadi ke depannya ada tambahan jaminan pelayanan optimal transportasi mudik sehingga peredaran uangpun bertambah besar.

Baca juga: Yuk Intip Tips Cerdas Investasi Ala Warren Buffett!

3. Peningkatan sarana dan prasarana mudik oleh pemerintah

Diharapkan pemerintah segera mengoptimalkan sarana dan prasarana mudik sebaik mungkin agar keinginan masyarakat untuk pulang ke kampung halaman juga meningkat. Dapat dilihat sekarang, pemerintah sudah membangun beberapa tol dan perbaikan jalan di beberapa daerah. Ada juga program mudik gratis yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga, bahkan BUMN pun juga turut serta. Hal ini penting dilakukan karena jumlah pemudik merupakan pemegang peran penting untuk menjaga investasi lokal.

Baca Juga  Ini Manfaat Memberikan Uang Jajan Bulanan untuk Anak

 

Tinggalkan Balasan

Emas Jadi Investasi Primadona bagi perempuan

Emas Masih Menjadi Investasi Primadona Bagi Perempuan

Bonus trader pemula

Berbagai Macam Bonus untuk TraderFX Pemula