in ,

Faktanya, Investasi Wajib Bagi Wanita Dibandingkan Pria Lho!

Investasi Diwajibkan bagi Wanita

Pria yang dikenal sebagai tulang punggung keluarga terkesan lebih membutuhkan investasi dibandingkan wanita. Selama ini, kodrat pria sebagai kepala rumah tangga yang akan bertanggung jawab kepada keluarga menuntut mereka untuk lebih mengetahui masalah keuangan, termasuk investasi. Padahal, kenyataanya tidak seperti itu. Ternyata wanita lebih membutuhkan investasi dibandingkan pria.

Keterampilan untuk menjadi investor adalah hal yang patut dipunyai oleh setiap orang, dari jenis kelamin apa pun. Sayang sekali kenyataanya di lapangan, pria menunjukkan pengetahuan keuangan lebih tinggi daripada wanita. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh TIAA Institute – GFLEC Personal Finance Index, ditunjukkan bahwa 21% pria mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Sedangkan wanita yang hanya 12% yang mampu menjawab benar mengenai pertanyaan seputar investasi.

Baca juga: Ingin Buka Bisnis Baru? Jawab Dulu 9 Pertanyaan Ini!

Lantas, kra-kira apa penyebab wanita menjadi “buta” akan masalah keuangan khususnya investasi? Penyebabnya beragam, mulai dari kurangnya atau bahkan tidak pernah ada pendidikan mengenai keuangan pribadi dan investasi yang diajarkan di sekolah atau di rumah. Bahkan sebuah anggapan sosial bahwa wanita tidak sepatutnya bicara atau mengelola uang. Bahkan, mereka cenderung dijauhkan dari masalah keuangan seperti, investasi.

Baca Juga  6 Contoh Aset Safe Haven

Fakta apa saja yang menuntut wanita untuk wajib berinvestasi?

Pada kenyataannya, keterampilan berinvestasi sebenarnya sangat diperlukan oleh wanita. Mengapa demikian? Dilansir dari womantalk, karena wanita rata-rata hidup 4,9 tahun lebih lama dibandingkan pria. Namun, penghasilan mereka lebih sedikit dibandingkan dengan pria atau bahkan nol rupiah. Bahkan, ada juga wanita yang melepaskan karirnya demi menjadi ibu rumah tangga dan merawat keluarga.

Menjadi ibu rumah tangga, menuntut para wanita untuk berhent bekerja dan akhirnya mereka tidak akan menghasilkan uang seumur hidup. Karena sepanjang hari hanya disibukkan dengan maslah mengurus anak, suami, orangtua, dapur dan lain sebagainya. Tidak ada kesempatan untuk lebih mengenal jauh mengenai menabung atau berinvestasi.

Baca juga: Freelancer, Ayo Siapkan Uang Pensiun Dari Sekarang!

Selain itu, jika wanita memiliki gaji, umumnya gaji mereka mencapai titik puncak di usia 40-an tahun. Sedangkan pria di usia 50-an tahun. Sebuah survei dari Student Loan Hero menyatakan bahwa hanya 52% wanita yang memiliki rekening tabungan. Sedangkan ada 71% pria yang memilikinya.

Baca Juga  Apa itu Aset Investasi Safe Haven?

Jadi, Anda bisa menyimpulkan sendiri. Baik dari segi semakin panjang umur dan ditambah dengan kesenjangan upah. Para wanita sangat perlu mengambil langkah besar dan risiko lebih banyak dengan investasi. Jangan mengurung diri dan lebih terbukalah mengenal dunia luar. Mulailah bertanya dan belajar dengan pakarnya agar wanita bisa mendapatkan investasi sesuai dengan kondisi keuangan.

Tinggalkan Balasan

Opsi Peluang Bisnis

Opsi Peluang Bisnis dengan Uang Rp 100 Ribu

Adaa 4 tipe trader

4 Tipe Trader, Anda yang Mana?