in

Cara Orang Sukses Mengatur Keuangan Pribadi yang Harus Anda Tiru

Cara mengatur keuangan pribadi

Cara mengatur keuangan pribadi sebenarnya bukan hal yang rumit. Ada beberapa prinsip yang dapat dijadikan pegangan kala mengatur keuangan pribadi. Prinsip-prinsip tersebut kerap disebut sebagai Golden Rules karena bisa diterapkan oleh siapa saja dan kapan pun waktunya.

Orang-orang sukses seperti Jack Ma, Warren Buffett, Carlos Slim telah membuktikannya sendiri. Dengan mempraktikkan cara mengatur keuangan pribadi secara disiplin dan konsisten, mereka bisa melesat menjadi orang-orang yang berhasil dalam hidupnya.

Ingin tahu bagaimana cara mereka mengatur keuangan pribadi? Simak ulasan berikut

1. Warren Buffett

Gunakan Uang di Bawah Pendapatan

Pria terkaya ketiga di dunia pada 2015 menurut Forbes ini bahkan memiliki kebiasaan menekan pengeluaran yang ketat. Ia mengatakan, “Jangan menabung sebesar uang yang tersisa setelah dipakai. Gunakanlah uang yang tersedia sesudah menabung.”

Untuk melakukannya, Buffett selalu menjaga gaya hidupnya tetap membumi. Meski seorang miliuner, Buffett tetap hidup bersahaja. Salah satu contohnya ia memilih terus tinggal di rumah sederhana yang dibelinya pada 1958.

Baca Juga  Penelitian: Gara-Gara Medsos, Milenial Makin Boros

Menurut Buffett, siapa saja bisa mengatur keuangan pribadi seperti dirinya. Menabung disebutnya sebagai sebuah kebiasaan yang mesti dimiliki. “Saya kira kesalahan terbesar pada kebanyakan orang adalah tidak belajar menabung dengan baik sejak dini, karena hal itu sebuah kebiasaan,” kata Buffett.

2. Jack Ma

Selalu Merencanakan Masa Depan

Berkat kemampuannya merencanakan masa depan, Miliuner asal Tiongkok ini bisa menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Forbes mencatat Ma memiliki kekayaaan mencapai 27,9 miliar dollar Amerika Serikat per September 2016. Kesuksesan Ma tidak lepas dari kejeliannya dalam merencanakan masa depan. Ma melihat sebuah peluang besar dari internet yang pertama kali didengarnya pada 1994.

3. Carlos Slim

Upayakan Uang Bertumbuh

Slim sudah berinvestasi sejak dirinya masih kecil. Pada umur 11 tahun, pria asal Meksiko ini telah menanamkan uang di sebuah obigasi pemerintah negaranya. Lalu, setahun berselang, Slim membeli saham pertamanya. Pada umur 15 tahun, dia sudah menjadi shareholder di sebuah bank di Meksiko.

Baca Juga  Kontes Demo FBS Pro PERSIB Hadiah $1000

Slim berprinsip, tidak ada yang terlalu cepat dalam memulai sesuatu. Jika bisa, mengapa tidak dilakukan sekarang, begitu pemikirannya.

 

Tinggalkan Balasan

9 Orang Terkaya Di Dunia Dan Kisah Sukses Mereka

Marketplace Reksadana

3 Jenis Investasi yang Harus Dicoba oleh Pemula