in

Untuk Milenial, Simak Kegunaan Tersembunyi dari Kartu Kredit Berikut!

Kegunaan tersembunyi kartu kredit

Kecenderungan milenial yang menggunakan kartu kredit berlebihan bisa berdampak pada kartu kredit yang over limit. Namun, hal itu sudah biasa terjadi mengingat pola perilaku generasi ini yang konsumtif. Bayangkan saja dengan hanya menggesek, setiap orang sudah bisa memiliki barang atau jasa yang diinginkan. Dilansir dari Cekaja, ada beberapa kegunaan tersembunyi dari kartu kredit

Tapi, tidak jarang juga yang enggan menggunakan kartu kredit. Berdasarkan dari sebuah studi yang dilakukan oleh Institute for Development of Economics and Finance (Indef), sebanyak 40% milenial takut untuk menggunakan kartu kredit. Sebab dengan segala kemudahan dan fasilitas yang diberikan, justru akan semakin memicu perilaku boros mereka.

Pada nyatanya, semuanya tergantung pada pengggunanya, bukan? Kartu kredit sebetulnya bisa menjadi penolong keuangan yang paling bisa diandalkan, bahkan dalam kondisi darurat sekalipun. Apalagi, setiap kartu kredit sudah mempunai limitnya sendiri-sendiri sesuai dengan kemampuan finansial si pengguna. Lantas, apa saja kegunaan ‘tersembunyi’ kartu kredit untuk milenial?

Baca juga: Penelitian: Gara-Gara Medsos, Milenial Makin Boros

Baca Juga  Calo Tiket, Bisnis Musiman Saat Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya

1. Fasilitas Cicilan

Membeli setiap kebutuhan yang bukan untuk keperluan sehari-hari bisa dibilang tidak boros. Siapa tahu di usiamu sekarang, kamu sudah terpikirkan untuk membeli perabotan rumah seperti kulkas, televisi, atau mesin cuci.
Dengan memanfaatkan fasiltas cicilan, kamu bisa memiliki barang-barang tersebut dan tidak meninggalkan mengatur anggaran untuk keperluan lainnya.

Dari pihak Bank sendiri pun juga menawarkan macam-macam periode cicilan, mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan. Kamu tinggal menyesuaikan jangka waktu mana yang sesuai dengan kemampuanmu.

2. Banyak Promo dan Cashback

Tidak selamanya, kartu kredit bisa menimbulkan kebiasaan boros. Justru, bagi milenial kartu kredit bisa mendatangkan bermacam-macam promo.

Terbukti dari hampir semua merchant dan e-commerce yang kini menawarkan program cicilan 0%, cashback untuk produk tertentu, diskon khusus, hingga merchandise gratis.

3. Mempermudah Mengatur Keuangan

Melalui kartu kredit, kamu bisa memantau pengeluaranmu tiap bulannya. Sebab, kartu kredit memiliki daftar transaksi keuangan tersendiri. Dari situ, kamu bisa mengetahui pengeluaran apa saja yang perlu dievaluasi. Bahkan menjadi patokan untuk membuat anggaran pada bulan berikutnya.

Baca Juga  Kesalahan Fatal dalam Keuangan Milenial Yang Wajib Dihindari

4. Modal Bisnis

Bukan hanya sebagai kartu yang bisa mempermudah transaksi, kartu kredit ternyata juga bisa digunakan untuk berhutang produktif. Contohnya saat kamu membutuhkan dana cepat sebagai modal usaha.

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan limitnya. semakin besar tentunya modal yang didapat akan lebih banyak. Cara ini sepenuhnya legal, selama pengguna bisa disiplin membayar cicilan.

Agar tetap terkendali dan aman, Sebaiknya lakukan pembayaran otomatis yang tersinkronisasi pada rekening pribadi agar menghindari keterlambatan yang berujung denda.

Baca juga: Milenial Wajib Kuasai Kompetensi Berikut Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0

Nah, itu dia beberapa kegunaan tersembunyi dari kartu kredit yang tentunya bisa dimanfaatkan oleh kaum milenial. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

6 Cara Menghemat Uang Tanpa Mengorbankan Kehidupan Sosial Anda

pentingnya Dana darurat

Pentingnya Memiliki Dana Darurat, Apa Alasannya?