in

4 Tahap Sebelum Mencapai Kebebasan Finansial, Kamu Sudah Tahap Yang Mana?

5 Tips Trading Saham dari Ellen May

Kita merupakan makhluk hidup yang bekerja keras untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah sebagai pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kita akan terus dikejar dengan deadline-deadline pekerjaan, nah agar terbebas dari ini semua kita harus berusaha mencapai tahap kebebasan finansial. Ternyata sebelum mencapai tahap ini, ada 4 tahap yang harus kita lalui.

Adapun pendapatan yang didapat dari active income adalah penghasilan yang didapat karena bekerja lalu dibayar atau mendapat upah dan kalau tidak bekerja tidak akan mendapatkan penghasilan. Sekedar catatan kalau kita bekerja sebagai karyawan umumnya kenaikan gaji (income) yang didapat berada dibawah tingkat inflasi, sehingga daya beli menjadi menurun sejalan dengan bertambahnya waktu. Untuk mengatasi kondisi tersebut maka alangkah bijaknya jika kita memiliki orientasi pertumbuhan aset dalam bekerja

Apabila kita tidak mempunyai orientasi tersebut, maka kita berpotensi untuk bekerja terus menerus. Berikut adalah perbedaan orientasi bekerja:

a. Bekerja –> active income output –> lifetime work;
b. Bekerja –> asset –> passive income output –> financial freedom

Baca Juga  Ini 5 Keuntungan Investasi Berlian, Mau Coba?

Baca juga: Reksadana, Kunci Menuju Financial Freedom

Kamu sampai tahap yang mana?

Dikutip dari Kompas, ada beberapa tahapan sebelum mencapai kebebasan finansial, yaitu:

1. Financial Protection

Tahap pertama ini merupakan suatu kondisi keuangan dimana kita mempunyai cukup uang untuk memenuhi segala pengeluaran untuk kebutuhan bulanan minimum. Kira-kira untuk bulan sampai 24 bulan ke depan tanpa harus bekerja.

2. Financial Security

Tahap kedua ini merupakan kondisi keuangan dimana kita mempunyai satu atau dua investasi dan relatif aman. Hasilnya pun mampu mencukupi kebutuhan diatas minimum tanpa harus bekerja lagi, kecuali bila kita memilih untuk bekerja.

3. Financial Vitality

Kondisi yang ketiga ini sedikit di atasnya, yaitu Financial Security dimana hasilnya tidak hanya bisa mencukupi kebutuhan pada tingkat Financial Security (di atas minimum) melainkan juga bisa mencukupi kebutuhan sekunder tanpa harus bekerja, kecuali bila kita memilih untuk bekerja.

Baca juga: Terapkan 7 Langkah Ini Agar Bisa Raih Kebebasan Finansial

4. Financial Independence

Tahap keempat ini nyaris sempurna, di posisi ini kita sudah mempunyai investasi yang cukup banyak dan relatif aman. Hasilnya pun bisa mencukupi kebutuhan kita untuk hidup persis dengan gaya hidup kita yang sekarang. Dengan kata lain kita bebas tidak bekerja.

Baca Juga  Berminat Investasi Emas? Berikut Waktu yang Tepat untuk Beli Logam Mulia

5. Financial Freedom

Di tahap inilah kamu sudah mencapai kebebasan finansial, dimana kehidupan ditopang sepenuhnya oleh banyaknya investasi yang kita miliki. Bahkan, hasilnya mencukupi kebutuhan kita untuk hidup dengan gaya hidup yang kita inginkan (lebih baik dari gaya hidup sekarang).

Tinggalkan Balasan

reksadana

Reksadana, Kunci Menuju Financial Freedom

produk olshop terlaris

4 Produk yang Paling Laris di Online Shop