in ,

4 Tipe Konsumen Online Shop, Apa Saja?

Tipe konsumen online shop

Dunia toko online atau online shop berkembang dengan pesat berkat dukungan dari ketersediaan jaringan internet. Produk-produk yang dijual pun beragam, mulai dari produk pakaian jadi, kosmetik, aksesoris hingga kuliner oleh-oleh khas daerah.

Akses internet yang memadai dan modal yang relatif kecil membuat banyak orang tertarik untuk membuka toko online. Hal ini menyebabkan persaingan antar bisnis online menjadi semakin ketat.

Untuk menunjang kesuksesan bisnis online tersebut terdapat beberapa hal sederhana yang harus diperhatikan dengan seksama oleh sang pemilik. Mulai dari promosi produk, hingga memahami tipe – tipe konsumen.

Agar lebih mengenal konsumen online tidak ada salahnya Anda membaca ulasan mengenai beberapa tipe konsumen dalam toko online berikut:

1. The Seeker

Tipe konsumen online shop yang pertama ini dikenal memiliki tujuan yang berbeda-beda ketika mengunjungi online shop. biasanya merekamelakukan survey ke beberapa online shop untuk mencari mana online shop yang menjual produk dengan harga paling murah serta kualitas yang paling baik.

Untuk mendapatkan loyalitas dari the seeker, anda perlu mengupayakan agar online shop Anda berada di urutan teratas search engine. Dengan begitu akan mudah ditemukan oleh calon konsumen.pastikan harga produk anda kompetitif karena konsumen tipe ini biasanya sudah mengetahui kisaran harga rata-rata dari produk yang ingin dibeli.

Baca Juga  Sibuk dan Tak Punya Waktu? Trading dengan Forex Trading Signals Saja

2. The Researcher

Hampir sama dengan tipe konsumen online shop sebelumnya, the researcher ini sama – sama senang membandingkan harga. Dilansir dari maxmanroe, yang membedakah adalah the research biasanya belum paham betul mengenai spesifikasi produk yang sedang mereka cari.

Sebagai pemilik online shop anda bertugas adalah menjelaskan dengan detail dan sabar mengenai produk yang ditawarkan. Namun jangan sampai terkesan sok tau dan menggurui konsumen, karena hal ini bisa membuat konsumen jengkel dan mengurungkan niat untuk berbelanja.

3. The Discount Lover

The discount lover biasanya sangat gemar berburu diskon di online shop. Mereka akan berlomba-lomba untuk mencari online shop yang sedang menawarkan promosi dan diskon besar-besaran.

Strategi yang bisa diterapkan untuk mempertahankan konsumen tipe ini adalah dengan memberikan penawaran diskon dan promosi yang menarik. Misalnya promo “buy one get one” atau promo gratis ongkos kirim setiap pembelian dengan minimum order tertentu.

4. The Window Shopper

Window shopper biasanya hanya sekedar iseng melihat-lihat online shop tanpa tujuan untuk membeli suatu produk. Bisa juga mereka hanya sekedar mengisi waktu luang ketika sedang berselancar di internet. Untuk menarik perhatian mereka, anda perlu menyajikan tampilan lapak anda dengan menarik

Baca Juga  Trik Agar Bisnis dan Kuliah Berjalan Seirama

Demikian uraian singkat mengenai tipe konsumen dalam online shop. Semoga bisa membantu anda dalam menarik minat calon konsumen Anda

Tinggalkan Balasan

Bisnis Kedai Kopi

3 Tantangan Memulai Bisnis Kedai Kopi.

Laba BNI Naik 2019

Semester I 2019, Laba Bersih BNI Naik 2,7 Persen