in

Tak Dibebani Pikiran Soal Keuangan yang Berantakan, Para Freelancer Sebaiknya Terapkan 4 Kiat Ini

Karier pekerja lepas (freelancer) dengan keleluasaan mengatur jam dan metode kerja, semakin diminati oeleh generasi milenial. Dukungan teknologi digital menjadikan ruang kerja virtual semakin mudah dibentuk dengan imbalan dan tingkat kesulitan kerja bervariasi.

Akan tetapi, untuk menjadi merdeka secara finansial dengan mengandalkan pekerjaan sebagai freelancer punya tantangan lebih berat dari para pekerja tetap. Tanpa strategi dan pengelolaan keuangan yang tepat, Anda justru malah keteteran gali lubang tutup lubang setiap bulannya. 

Untuk menyurutkan beban pikiran Anda karena keuangan berantakan, sebaiknya seorang freelancer menerapkan empat langkah berikut dalam mengelola finansial.

1. Tetapkan “gaji” bulanan

Penghasilan seorang freelancer tidak selalu memiliki angka tetap dan terprediksi. Adakalanya honor proyek terlambat cair atau Anda kehilangan sebuah order tiba-tiba. Meskipun demikian, memastikan angka tetap untuk pendapatan bulanan Anda menjadi titik penting dalam mengatur anggaran. Caranya, hitung rerata pendapatan dengan menjumlahkan seluruh penghasilan Anda dalam setahun dan membaginya dengan dua belas. Jika Anda baru memulai karier Anda sebagai pekerja lepas, jadikan pengeluaran bulanan sebagai patokan. Masukkan pula bagian dana darurat, asuransi kesehatan, porsi dana pensiun, tabungan, dan pajak ke dalam elemen perhitungan tarif yang akan Anda pasang.

2. Pisahkan rekening pribadi dan bisnis

Pencatatan keuangan yang komprehensif dan teratur akan memudahkan penelusuran kondisi finansial Anda. Pemisahan rekening pribadi dan bisnis adalah sebuah langkah penting yang bisa Anda terapkan. Untuk rekening pribadi, Anda bisa pecah lagi menjadi rekening aktif untuk pengeluaran sehari-hari dan rekening simpanan atau investasi. Rekening bisnis dapat diisi pendapatan atau gaji, pajak, dana pensiun, dan pengeluaran yang berhubungan dengan pekerjaan.

3. Sisihkan dana darurat untuk minimal enam bulan

Dilansir dari situs CNBC, Sun, pendiri Sun Group Wealth Partners menyarankan para freelancer untuk menyiapkan dana cadangan atau darurat sedini mungkin. Bak rencana cadangan, dana darurat adalah penawar ketika mendadak freelancer “kekeringan” order atau proyek pekerjaan, sesuatu yang lumrah terjadi di bidang kerja ini. Sediakan setidaknya dana untuk menutupi segala pengeluaran Anda selama enam bulan ke depan.

4. Untuk freelancer pemula, siapkan “modal” awal

Jika Anda baru merintis menjadi seorang pekerja lepas, reputasi Anda tidak akan terbangun secara instan. Kecil kemungkinan Anda akan mendapatkan sebuah pekerjaan atau proyek proyek bernilai tinggi, terlebih bila Anda minim pengalaman dan belum punya portofolio karya atau pencapaian. Untuk antisipasi pemenuhan pendapatan yang mencukupi, sangat baik jika Anda menyiapkan “modal” memulai karier sebagai freelancer. Sedikit mirip dengan dana darurat, modal ini disarankan berjumlah sebesar pengeluaran rutin Anda selama enam bulan sampai satu tahun. 

Anda yang masih dipusingkan dengan pengelolaan keuangan yang belum rapi, tak ada salahnya berkonsultasi dengan perencana keuangan (financial planner) tepercaya. Anda akan dipandu untuk menemukan masalah dan opsi-opsi perbaikan cara mengatur keuangan. Dengan demikian, Anda dapat bekerja lebih tenang, produktif, dan tepat guna demi kemerdekaan finansial yang diidamkan.

 

Baca Juga  3 Faktor Penggerak Nilai Mata Uang EUR/USD

Tinggalkan Balasan

Pertamina Berikan Kompensasi Kepada Nelayan Pantai Karawang

Pertamina Berikan Kompensasi Kepada Nelayan Pantai Karawang

pekerjaan kuliner

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Anda Penghobi Kuliner