Switch to the dark mode that's kinder on your eyes at night time.

Switch to the light mode that's kinder on your eyes at day time.

in

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengguna Kartu Kredit Pemula

Keuntungan Menggunakan Uang Elektronik

Menggunakan kartu kredit merupakan surga bagi para pecinta shopping. Anda tidak perlu kesulitan membawa uang tunai pada saat belanja dan hanya perlu bergantung dengan sebuah kartu kredit. Kartu kredit ditawarkan oleh pihak bank untuk memfasilitasi penggunanya, tidak hanya untuk kemudahan transaksi tetapi juga disediakan dengan berbagai macam penawaran serta promosi.

Sebagai pemula, tidak menutup kemungkinan bahwa kurangnya pengalaman dalam menggunakan kartu kredit membuat Anda terlilit utang. Untuk menghindari hal ini, berikut adalah 6 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula pengguna kartu kredit;

 

1. Menggunakan Kartu Kredit dengan Tidak Bertanggung Jawab

Pemilik membelanjakan kartu kredit tanpa memikirkan pengembalian utang kartu kredit tersebut. Padahal berbelanja dengan menggunakan kartu kredit berarti Anda sedang berutang kepada bank dan menggunakan uang bank untuk membeli barang tersebut. Tidak bertanggung jawab dengan kartu kredit hanya akan merusak kualitas kredit Anda di mata bank dan Anda akan kesulitan untuk mengajukan kredit lainnya.

[nextpage]

2.. Menyisakan Sebagian Tagihan di Dalam Saldo Kartu Kredit

Salah satu kemudahan pembayaran kartu kredit yang ditawarkan adalah dengan membayar sebagian biasanya dengan minimal 10%. Misalkan biaya tertagih adalah Rp2.567.890, Anda akan diberikan opsi jumlah minimal pembayaran Rp256.790. Tetapi hal ini justru hanya akan merusak finansial Anda.

Baca Juga  Apa Faktor yang Menyebabkan Rupiah Tembus Rp 16.000?

Berutang kartu kredit pada bank akan dikenakan denda bunga yang tinggi, jika Anda memakai kartu kredit tersebut bulan berikutnya, tagihan Anda akan semakin banyak dan selama Anda tidak membayar secara full, Anda akan selalu dikenakan bunga dan tagihan Anda akan “membengkak”.

[nextpage]

3. Selalu Berpikir tentang Rewards dan Promosi

Sebagai pengguna kartu kredit, tentunya memanfaatkan segala promosi dan tawaran yang diberikan oleh kartu kredit adalah cara yang cermat. Setiap manusia pun pastinya ingin mendapatkan sesuatu yang gratis. Tetapi terlalu fokus dengan rewards pada saat menggunakan kartu kredit hanya akan membuat gaya belanja Anda menjadi impulsif.

[nextpage]

4. Memiliki Terlalu Banyak Kartu Kredit

Kemudahan proses aplikasi kartu kredit membuat orang gemar memiliki lebih dari satu kartu kredit, belum lagi kartu kredit tersebut dapat digunakan pada tempat yang berbeda dengan promo yang berbeda. Fasilitas aplikasi pun biasanya diiming-iming dengan hadiah langsung. Tetapi hal ini hanya akan menggoda Anda untuk menghabiskan lebih banyak uang. Memiliki kartu kredit yang banyak, berarti menambah limit belanja Anda. Belum lagi jika Anda tidak mampu membayar tagihan dari salah satu kartu kredit, ini hanya akan membuat Anda terjebak utang.

Baca Juga  Hati-Hati Dengan Bandar Saham! Yuk, Lebih Mengenal Bandarmologi (Part 1)

[nextpage]

5. Telat atau Gagal Melakukan Pembayaran

Kegagalan membayar kartu kredit secara tepat waktu, sama bahayanya dengan kurangnya jumlah pembayaran. Jika Anda gagal membayar tepat waktu, Anda akan diberikan denda penalti yang cukup tinggi. Hal ini hanya akan membuat Anda kesulitan membayar. Terlebih lagi, nilai kredit Anda akan menjadi buruk di mata bank dan Anda akan kesusahan mencari pinjaman bank pada saat dibutuhkan.

[nextpage]

6. Memilih Kartu Debit untuk Menghindari Penipuan

Banyak orang yang lebih memilih kartu debit untuk transaksi mereka karena mereka merasa bahwa kartu debit memberikan keamanan atas penipuan dibandingkan kartu kredit. Nyatanya, pihak bank akan menggantikan kehilangan uang baik kartu kredit maupun kartu debit. Ini berarti keamanan yang diberikan untuk kedua jenis kartu tersebut adalah sama.

Dari segi kerugian yang akan Anda terima, dengan menggunakan kartu kredit, kerugian yang Anda terima akan lebih sedikit karena secara teknis, uang dari saldo rekening Anda tidak berkurang. Anda pun tidak perlu membayar langsung tagihan kartu kredit Anda, karena Anda memiliki kurang lebih 20 hari yang dapat digunakan untuk mengurus penipuan tersebut.

Baca Juga  Hindari Utang Kartu Kredit Pada 4 Hal Ini!

6 kesalahan yang dilakukan pengguna kartu kredit di atas dapat terjadi karena perilaku belanja yang tidak baik. Jika Anda ingin menghindari kesalahan tersebut, sebaiknya ubahlah gaya belanja Anda. Semakin cepat Anda mengubah gaya belanja Anda, semakin mudah pula Anda akan beradaptasi dengan perilaku belanja yang lebih bijak.

Tinggalkan Balasan

Bali United, Klub Sepak Bola Indonesia Pertama yang Masuk Bursa Efek

Bali United, Klub Sepak Bola Indonesia Pertama yang Masuk Bursa Efek

jam pasar forex di Indonesia

Gap Awal Pekan: Latar Belakang dan Cara Memanfaatkan

Back to Top