in

10 Orang Terkaya di Indonesia Versi Majalah Forbes 2019

10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes

Indonesia sebagai negara berkembang memang banyak menghasilkan pendapatan negara melalui usaha-usaha dari masyarakatnya.

Perusahaan-perusahaan besar juga banyak menyumbang dan berperan mempengaruhi pendapatan negara. Dari sini lalu muncul nama-nama orang terkaya di Indonesia yang berada di balik perusahaan – perusahaan berpengaruh tersebut. Siapa diaDikutip dari Simulasikredit.com, berikut daftar 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes.

Baca juga: Bermimpi Menjadi Orang Kaya? Hindari 7 Hal ini!

1. Budi dan Michael Hartanto

Investasi mereka di Bank Central Asia ternyata memberikan peruntungan yang baik bagi perekonomian mereka. Tokoh di balik perusahaan Gudang Garam ini membeli saham di BCA setelah Salim Group tidak dapat mempertahankannya pada masa krisis ekonomi tahun 1997 – 1998. Selain Djarum yang menjadi perusahaan keluarga, dua bersaudara ini juga memiliki brand electronic Polytron dan beberapa aset penting di Jakarta. Bahkan baru – baru ini mereka juga menaruh investasi untuk gaming startup Razer di Singapura.

2. Susilo Wonowidjojo

Susilo merupakan presiden direktur di PT Gudang Garam sejak tahun 2009 dengan adiknya yang turut menjadi presiden komisaris. Keluarganya juga memiliki keuntungan dari penanaman kelapa sawit melalui Makin Group.

Baca Juga  Marak Digunakan, ini Kelemahan Uang elektronik

Baca juga: Bermimpi Menjadi Orang Kaya? Hindari 7 Hal ini! (Part 2)

3. Eka Tjipta Widjaja

Di usianya yang sudah menginjak 95, ia bersama keluarganya merupakan orang terkaya ketiga di Indonesia. Ia memulai karirnya di usia remaja dengan berjualan biskuit. Kini ia memiliki kebun sawit yang menjadi sumber kekayaan utamanya melalui minyak kelapa sawit.

4. Sri Prakash Lohia

Tahun 1970, Prakash dan ayahnya pindah dari India ke Indonesia dan membangun Indorama. Sumber kekayaan terbesarnya diperoleh dari petrochemicals. Saat ini ia tinggal di Inggris bersama keluarganya namun masih berkewarganegaraan Indonesia.

Baca juga: 6 Orang Introvert Yang Punya Kekayaan Triliunan

5. Anthoni Salim dan Keluarga

Anthoni merupakan kepala dari Salim group yang merupakan usaha milik keluarga. Salim group bergerak di bidang investasi makanan, perbankan, dan telekomunikasi. Ia memiliki sumber kekayaan dari berbagai variasi investasi yang dijalankannya bersama keluarga.

6. Tahir dan Keluarga

Tahir memiliki total kekayaan mencapai 4.5 milyar dollar. Ia adalah pendiri Mayapada Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perbankan, rumah sakit, dan perumahan. Ia memulai usahanya pada tahun 1980 sebagai dealermobi. Saat bisnisnya jatuh, ia berpindah ke garmen.

Baca Juga  Adakah Hubungan Antara Media Sosial dengan Forex Market?

Baca juga: Mengintip Harta Pemeran Avengers, Siapa Paling Kaya?

7. Chairul Tanjung

Pemilik supermarket dan stasiun televisi ini memiliki total kekayaan 4 milyar dollar. Usaha retail Trans nya berada di bawah brand Carrefour dan Transmart. Selain itu, dia juga mengendalikan franchise Wendy’s dan memiliki franchise Versace Mango dan Jimmy Choo.

8. Boenjamin Setiawan dan Keluarga

Boenjamin yang notabene menyelesaikan pendidikannya dengan gelar Doktor di bidang farmasi mendirikan usaha Kalbe Farma di garasinya pada tahun 1955 bersama kelima saudaranya. Sekarang Kalbe merupakan usaha farmasi terbesar di Indonesia.

9. Jogi Hendra Atmadja

Ia adalah kepala Mayora Group, salah satu perusahaan yang bergerak dibidang industri makanan seperti kopi, sereal, permen, biskuit, dan masih banyak lagi. Diantara banyak brand-nya yang paling terkenal adalah kopiko, danisa, dan roma.

Baca juga: 10 Youtuber Paling Kaya di Dunia

10. Prajogo Pangestu

Ia memulai bisnis kayu pada tahun 1970. Perusahaannya PT Barito Pacific  Timber mulai dikenal sejak tahun 1993 dan telah mengganti namanya menjadi Barito Pacific pada tahun 2007. Setelah mendapatkan 70% petrochemicalChandra Asri,  di tahun 2011 ia bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi penghasil petrochemical terbesar di Indonesia.

Baca Juga  Fakta Dibalik Mitos Investasi Saham

Itu dia 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes. Kebanyakan dari mereka memiliki usaha dibidang pertambangan, perbankan, dan retail. Mereka sudah merintis usaha dari muda namun ada juga yang meneruskan usaha orang tuanya.

Tinggalkan Balasan

xiaomi redmi 7a

Hari Ini, Xiaomi Luncurkan Redmi 7A di Indonesia

merekrut karyawan

Merekrut Karyawan Rumah Makan? Wajib Penuhi 4 Kriteria Berikut!